Gejala Klinis Yang Sering Ditemukan Pada Pasien Gangguan Pola Nafas

Gambar: drhelderpneumo.com

Gustinerz.com | Gangguan pada sistem pernafasan adalah masalah yang serius dan harus segera ditangani oleh para petugas kesehatan, hal ini karena fungsi penting dari pernafasan (kebutuhan oksigen) untuk kelangsungan hidup manusia.

Ganguan pola nafas merupakan salah satu diagnosa keperawatan yang paling banyak ditemukan pada pasien dengan masalah sistem pernafasan/respirasi. Frekuensi pernafasan manusia dipengaruhi oleh faktor (lihat gambar 1)

Gambar 1

Dikatakan mengalami gangguan atau peruabahn pola pernafasan jika frekuensi pernafasan dalam seminit kurang atau lebih dari yang telah ditetapkan sesuai gambar 1 diatas. Berikut gejala klinis atau masalah perubahan pola nafas yang sering ditemukan pada pasien

  1. Takipnea (Tachypnea) adalah pernafasan yang memiliki frekuensi lebih dari 24 kali permenit.
  2. Bradipnea (Bradynea) adalah pola pernafasan yang lambat dan kurang dari 10 kali permenit.
  3. Hiperventilasi adalah cara tubuh dalam mengkompensasi peningkatan jumlah oksigen dalam paru agar pernafasan lebih cepat dan dalam.
  4. Kusmual adalah pola pernafasan cepat dan dangkal yang dapat ditemukan pada orang dalam keadaan asidosis metabolik (kondisi dimana keseimbangan asam-basa tubuh terganggu karena adanya peningkatan produksi asam atau berkurangnya produksi bikarbonat).
  5. Hipoventilasi adalah upaya tubuh untuk mengeluarkan karbondioksida dengan cukup yang dilakukan dengan pada saat ventilasi alveolar.
  6. Dispnea adalah perasaan sesak dan berat saat pernapasan.
  7. Ortopnea adalah kesulitan bernafas kecuali dalam posisi duduk atau berdiri dan pola ini sering ditemukan pada seseorang yang mengalmi kongestif paru.
  8. Cheyne stokes adalah siklus pernafasan yang amplitudonya mula-mula naik, turun, berhenti, kemudian mulai dari siklus baru.
  9. Pernafasan pradoksial adalah pernafasan yang ditandai dengan pergerakan dinding paru yang berlawanan arah dari keadaan normal, sering ditemukan pada keadaan etelektaksis
  10. Biot adalah pernafasan dengan irama yang mirip dengan cheyne stokes tapi amplitudonya tidak teratur.

< Beranda

Referensi:

  • ocw.usu.ac.id/course/…/128…/kdm_slide_oksigenasi_dan_proses_keperawatan.pdf
  • https://www.amazine.co/18430/asidosis-metabolik-penyebab-gejala-dan-pengobatannya/