Inilah Universitas yang Memiliki Fakultas Keperawatan

ilustrasi | ©nursing.ui.ac.id

Pendidikan keperawatan di Indonesia terus menunjukan kemajuan dan perkembangan untuk meningkatkan kualitas sumber daya keperawatan di Indonesia. Bukti kemajuan pendidikan keperawatan itu dapat dilihat dari telah berdirinya Fakultas Keperawatan di beberapa Universitas di Indonesia.

Jurusan atau program studi (prodi) Keperawatan biasanya berada satu fakultas dengan prodi kesehatan lainya dan masuk dalam Fakultas Kesehatan atau Fakultas Kedokteran, namun di beberapa universitas prodi keperawatan berada dalam fakultas keperawatan sendiri. Berikut ini daftar universitas yang sudah memiliki fakultas keperawatan sendiri.



1. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI)

Universitas Indonesia bisa dibilang menjadi pelopor utama perkembangan profesi keperawatan di Indonesia. Fakultas Keperawatan di Indonesia pertama kali berdiri di universitas ini. Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) di UI sudah ada sejak tahun 1995 dimana Program Studi Keperawatan dipisah dari Fakultas Kedokteran.

Saat ini FIK UI memiliki 9 program studi mulai jenjang S1, Profesi Ners, S2, Ners Spesialis (Anak, KMB, Jiwa, Komunitas, dan Maternitas) dan jenjang Doktoral sejak tahun 2008. Bisa dibilang Fakultas Keperawatan di UI untuk bidang keilmuannya paling lengkap di Indonesia. FIK UI juga memiliki 7 orang Guru Besar di dalam bidang keperawatan terbanya di Indonesia.

2. Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (FIK Unpad)

Sebelumnya, Prodi keperawatan di Unpad berada di bawah Fakultas Kedokteran, namun disahkan menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan sejak tahun 2005, namun pada tahun 2013 berunbah nama menjadi Fakultas Keperawatan.

Saat ini Fakultas Keperawatan Unpad memiliki 3 program studi yakni Sarjana Keperawatan, Profesi Ners dan Magister Ilmu Keperawatan.

3. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (FKp Unair)

Fakultas Keperawatan atau yang disingkatan FKp di Universitas Airalangga diresmikan sejak tahun 2008, sebelumnya Prodi keperawatan di Unair bergabung bersama Fakultas Kedokteran Airlangga.

FKp Unair saat ini memiliki 5 Program Studi dari jenajang S1, Profesi Ners, S2, Ners Spesialis (KMB), dan Doktoral Keperawatan yang dibuka pada tahun 2018. FKp Unair saat ini memiliki 2 orang Guru Besar.

4. Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara (FKEP USU)

FKEP USU dibentuk sejak tahun 2009. Awal mula Prodi Keperawatan di USU berada di bawah Fakultas Kedokteran. Saat ini Fkep USU menaungi 3 program studi yakni Sarjana, Profesi Ners dan Magister Keperawatan.



5. Fakultas Keperawatan Universitas Andalasan (FKep Unand)

Fakultas Keperawatan Unand berdiri sejak tahun 2012. Saat ini memiliki 3 program studi yakni Sarjana Keperawatan, Profesi Ners dan Magister Keperawatan.

6. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ)

Prodi keperawatan di UMJ awalnya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan, namun pada tahun 2013 diresmikan menjadi Fakultas Keperawatan untuk mengelola beberapa program studi yakni D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, Profesi Ners, Ners Spesiaslis dan Magister Keperawatan.

7. Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (FKEP Unsyiah)

Tepat tahun 2013 Fakultas Keperawatan Unsyiah didirikan resmi berpisah dengan Fakultas Kedokteran. Saat ini memiliki 3 program studi yakni S1 Keperawatan, Profesi Ners dan S2 Keperawatan.

8. Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin

Fakultas Keperawatan di Universitas Hasanuddin bisa dibilang paling muda di Indonesia saat ini, karena baru saja disahkan pada tahun 2017 dengan Program studi S1 Keperawatan, Fisioterapi, Profesi Ners, Profesi Fisioterapi dan Magister Keperawatan.


Sumber:

  • Dihimpun dari website resmi universitas yang tertera di atas.