Lakukan Metode RICE Jika Terjadi Cedera

Gustinerz.com | Cedera adalah kelainan yang terjadi pada tubuh yang mengakibatkan timbulnya nyeri, panas, merah, bengkak, dan tidak dapat berfungsi dengan baik otot, tendon, ligamen, persendian atau tulang akibat aktivitas gerak yang berlebihan atau kecelakaan.

Ketika mengalami cedera otot dan tulang (muskuloskeletal) baik itu sprain (cedera sendi, ligamen dan tendon) dan strain (cedera/robekan otot) pertama yang harus kita lakukan adalah jangan panik dan lakukan penanganan awal cedera dengan metode RICE. Berikut langkah-langkahnya.

Penanganan Dasar/Awal Cedera

Metode RICE adalah teknik sederhana untuk membantu menurukan pembengkakan, menurunkan rasa sakit/nyeri dan membantu mempercepat proses penyembuhan cedera. RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression and Elevation.



  1. Rest: Segera istirahatkan bagian yang cedera, hal ini untuk bertambah parahnya cedera dan mengurangi aliran darah ke area cedera. Durasi tergantung tingkat keparahan cedera.
  2. Ice: Dengan menggunkan es (bungkus es dalam plastik/handuk) dapat menurunkan rasa nyeri dan pembengkakan. Kompress es menyebabkan vasokontriksi, sehingga aliran darah ke bagian yang cedera berkurang dan bengkak tidak bertambah besar. Lakukan dengan waktu 15-20 menit
  3. Compression: Lakukan pembebatan dengan elastic medical bandage (pembalut tekan elastis) atau bisa menggunakan kassa. Tujuan dari tindakan ini untuk mengehentikan perdarahan dan mengurangi pembengkakan. Bebat/pembalut harus terasa nyaman dan tidak terlalu menekan. Setelah membalut pastikan sirkulasi ke jaringan perifer tetap baik (CRT/Capillary refiill time <2 detik) dengan menekan kuku kaki/tangan bagian yang cedera observasi pengisian darah dibawah kuku.
  4. Elevation: Posisikan bagian yang cedera lebih tinggi dari posisi jantung, hal ini untuk mengurangi aliran darah ke bagian cedera sehingga meminimalisir rasa nyeri dan bengkak.

Perlu diingat tindakan diatas adalah penanganan awal ketika terjadi cedera, jika cedera semakin parah silahkan konsultasikan ke medis/dokter.

Sumber:

  • Kurniawan, F. PPT Cedera Olahraga.
  • Web MD. Rice Method for Injuries.
  • Diolah dari berbagai sumber.