5 Menu Sehat Untuk Buka Puasa

Ilustrasi (Google Image)

Gustinerz.com | Salah satu yang paling dinanti dibulan suci ramadhan adalah momen berbuka puasa. Berbuka adalah sesuatu yang harus disegerakan jika sudah tiba waktunya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “manusia senantiasa dalam kebaikan selama mana mereka menyegerakan dalam berbuka” dan hal yang penting juga diketuhui saat berbuka sebaiknya kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT karena doa saat berbuka adalah doa yang tidak akan ditolak (sesuai sabda Rasulullah SAW).

Menu berbuka puasa sesuai sunnah Nabi adalah “jika salah seorang dari kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr, jika tidak menemuinya maka berbukalah dengan air sejuk karena ia membersihkan”

Berikut daftar menu sehat yang dianjurkan saat berbuka puasa

  1. Air putih: inilah minuman yang wajib didahulukan saat berbuka puasa. Kebutuhan akan cairan adalah kebutuhan dasar yang harus segera dipenuhi karena presentasi cairan dalam tubuh hampir 90%. Selama berpuasa anda mengalami masalah dehidrasi sehingga air putih menjadi pilihan utama untuk mengganti cairan dalam tubuh. Air putih mengandung partikel yang baik. Air putih adalah sistem penyembuhan alami, menggunakan kebutuhan tubuh terhadap air, dan respon tubuh secara fisiologis terhadap air untuk mencegeah, mengkoreksi, dan meningkatkan rentang sehat manusia.
  2. Kurma: berbuka dengan kurma adalah salah satu sunnah nabi saat berbuka puasa. Saat berbuka hendaklah tidak makan makanan berat terlebih dahulu. Konsumsilah makanan rinngan dan manis. Pilihan yang baik adalah kurma. Kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga membantu mengatasi masalah anemia (kurang darah merah) dan mengandung gula alami sehingga dapat mengembalikan energei yang hilang selama puasa.
  3. Madu: Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangat yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Kadungangna glukosa dan fruktosa dalam madu dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.
  4. Buah dan Sayuran: Mengonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan karena buah dan sayur mengandung serat mudah dicerna oleh usus.
  5. Ikan dan Telur: Ikan menjadi makan pendamping saat berbuka puasa, namun bila tidak memiliki ikan bisa digantikan dengan telur. Kandungan protein pada kedua menu ini berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme dalam tubuh manusia.

Itulah 5 menu yang hukumnya mendekati wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa selama ramadhan. < Beranda

Refernsi

  • http://bacaterus.com/menu-buka-puasa-yang-sehat/
  • https://almanhaj.or.id/2227-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam-menganjurkan-berbuka-puasa-dengan-kurma.html
  • http://masirul.com/makanan-sehat-untuk-buka-puasa/
  • http://uraiansehat.com/fungsi-protein-bagi-tubuh/