Mengenal Prof. Kusnanto Guru Besar Keperawatan Ke-12 di Indonesia

Keperawatan di Indonesia saat ini telah mengalami kemajuan dalam 5 tahun terakhir ini, terbukti dengan adanya para perawat yang diangkat menjadi Guru Besar (Profesor) di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, bahkan pada tahun 2020 ini saja ada 2 orang perawat menjadi profesor yakni Prof. Ah. Yusuf dan Prof. Kusnanto yang sama-sama berasal dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.



Pria yang bernama lengkap Prof. Kusnanto, S.Kp, M.Kes merupakan seorang perawat lulusan S1 dari Universitas Padjadjaran tahun 1998, setelah itu ia melanjutkan studi S2 di FKM Unair pada tahun 2003, dan di universitas yang sama ia juga menyelesaikan program Doktoral pada tahun 2012.

“Pak Kus” itulah sapaan akrab beliau yang saat ini menduduki jabatan Wakil Dekan 1 FKp Unair ini. Prof. Kusnanto aktif mengajar dalam bidang keperawatan medikal bedah, mahasiswa FKp Unair sangat mengenal beliau lebih khusunya pada bidang penyakit diabetes melitus.

Prof. Kusnanto juga sampai saat ini masih aktif sebagai Asesor Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia.

Semoga dengan bertambahnya guru besar keperawatan di Indonesia dapat membuat profesi perawat lebih maju dan jaya kedepannya.