Prinsip Etik dalam Praktik Keperawatan

Gambar dari Portea

Gustinerz.com | Etik adalah system nilai pribadi yang digunakan untuk memutuskan apa yang benar atau apa yang paling tepat, memutuskan apa yang konsisten dengan system nilai yang ada dalam organisasi dan diri pribadi. Etik merupakan prinsip yang menyangkut benar atau salah dan tindakan apa yang akan dilakukan.

Etika keperawatan merefleksikan bagaimana seharusnya perawat berprillaku, apa yang harus dilakukan perawat terhadap kliennya dalam memberikan pelayanan keperawatan kritis.

Baca Artikel Terkait: 8 Prinsip Etika Dalam Keperawatan

Terdapat 8 prinsip etik yang selama ini digunakan dalam keperawatan yakni

Autonomi (otonomi) / Respek

Menghormati keputusan pasien untuk menentukan nasibnya, dalam hal ini setiap keputusan medis ataupun keperawatan harus memperoleh persetujuan dari pasien atau keluarga terdekat. Autonomi berarti kemampuan untuk menentukan sendiri atau mengatur diri sendiri. Melibatkan pasien dan keluarga yang berhubungan dengan asuhan keperawatan.

Tugas perawat berkaitan dengan upaya menghargai otonomi adalah

  • Membantu dan membangkitkan pasien dalam mengambil keputusan
  • Mensuport hak pasien Informed Concend.
  • Arahan yang sifatnya advance
  • Dukungan keputusan pasien yang baik.



Benefiience (berbuat baik)

Keharusan perawat untuk berbuat baik kepada pasien, setiap tindakan medis dan keperawatan harus ditujukan untuk kebaikan pasien. Perawat melakukan yang baik yaitu mengimplementasikan tindakan yang menguntungkan pasien dan keluarga.

Justice (Keadilan)

Sikap dan tindakan medis dan keperawatan harus bersifat adil, dokter dan perawat harus menggunakan rasa keadilan apabila akan melakukan tindakan kepada pasien.

Veracity (Kejujuran)

Prinsip ini berkaitan dengan kwajiban perawat untuk mengatakn suatu kebenaran, tidak berbohong atau menipu orang lain. Kejujuran adalah landasan untuk “informed concend” yang baik. Perawat harus dapat menyingkap semua informasi yang diperlukan oleh pasien maupun kelaurganya sebelum mereka membuat keputusan.

Satu tanggapan untuk “Prinsip Etik dalam Praktik Keperawatan

Komentar ditutup.