Menilai Indeks Masa Tubuh (IMT) Pasien

Gustinerz.com | Indeks Masa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) merupakan cara sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa. Dengan IMT/BMI kita dapat mengklasifikasi komposisi tubuh rata-rata individu dalam keadaan sedentasi (tidak aktif secara fisik) dan dapat menunjukkan adanya obesitas.

Dengan IMT/BMI akan diketahui apakah berat badan seseorang dinyatakan normal, kurus atau gemuk. Penggunaan IMT hanya untuk orang dewasa > 18 tahun dan tidak dapat diterapkan pada bayi, anak, remaja, ibu hamil dan olahragawan.

Rumus menghitung IMT/BMI



IMT = berat badan (kg) / tinggi badan (meter)2 Contoh: Berat badan anda 78 kg dan tinggi badan 1.7 meter. Jika dimasukan dalam rumus menjadi 78/1.7×1.7 = 70/2.89 = 24.2.

IMT Normal adalah 20-25 kg/m2 . IMT > 30 kg/m2 menunjukkan adanya obesitas, > 40 kg/m2 menujukkan obesitas yang morbid (sangat tinggi). Peningkatan IMT berhubungan dengan penyakit jantung dan diabetes. IMT <18.5 kg/m2 menunjukkan orang tersebut memiliki berat badan yang kurang, sementara jika < 17.5 kg/m2 menunjukkan orang tersebut mengalami anoreksia atau kelainanan yang berhubungan.

Sumber:

  • Jones, J & Fix, B. Perawata Kritis. Erlangga
  • Diolah dari berbagai sumber.