Menilai Tingkat Keparahan Trauma Kepala dengan Metode GCS-P

Gambar: norwalkhospital

Gustinerz.com | Glasgow Coma Scale (GCS) adalah metode yang paling banyak digunakan oleh tenaga kesehatan dalam menentukan tingkat kesadaran pasien. GCS digunakan untuk menilai 3 aspek respon pada pasien yakni respon mata (eye), verbal dan motorik.

Dalam penelitian yang dikembangkan oleh Brennan, Murrya dan Teasdale (2018) meneliti untuk melakukan kombinasi antara nilai GCS dan nilai respon pupil yang ditemukan pada pasien, sehingga didapatkan prognosis yang lebih baik.



Nilai GCS dan respon pupil merupakan indikator utama dalam menentukan tingkat keparahan kerusakan otak akibat trauma. Dalam penelitian BrennaBrannan, PM., Murray, GD., Teasdale, GM (2018) dilakukan kombinasi nilai GCS dan Pupil reaksi. Mereka mengembangkan metode GCS dan menilai pupil dijadikan nilai tunggal (unidimensional).

Cara menilai GCS-P

Pertama-pertama dilakukan penilaian pada PRS (Pupil Reactivity score). Jika pada kedua pupil ditemukan tidak bereaksi maka diberi nilai 2, jika hanya salah satu pupil yang beraksi diberi nilai 1, sementara jika keduanya bereaksi diberi nilai 0. Selanjutnya dilakukan kombinasi nilai GCS-Pupils score (GCS-P). GCS-P = GCS skor – (dikurangi) nilai PRS. Jika sebelumnya nilai GCS yang kita ketauhi paling rendah 3-15 namun ketika kita kombinasi dengan nilai PRS bisa menjadi 1-15.

Pupils Unreactive to LightPupil Reactivity Score
Both Pupils2
One Pupil1
Neither Pupil0

Jadi, GCS-P merupakan nilai GCS yang ditemukan pada pasien dikurangi dengan nilai PRS atau reaksi pupil yang ditemukan pada pasien. Contohnya jika kita menemuka nilai GCS pasien adalah 5 dan nilai reaksi pupil 1 maka 5-1 (GCS-P) menjadi 4. GCS-P= 4.

Baca Juga: Cara Menilai Tingkat Kesadaran Pasien

Kesimpulan dalam penelitian Brennan, dkk (2018) tentang GCS-P adalah kombinasi GCS dan PRS (GCS-P) adalah cara sederhana aritmatika yang dapat diterapkan pada pasien sehingga dapat memberikan masalah yang lebih kompleks lagi pada pasien sehingga dapat ditentukan terapi yang paling tepat.


Sumber:

  • Brannan, PM., Murray, GD., Teasdale, GM. (2018). Simplifying the use of prognostic information in traumatic brain injury. Part 1: The GCS-Pupils score: an extended index of clinical severity. 10.3171/2017.12.JNS172780