Gambar: The Sun

Gustinerz.com | Profesi keperawatan merupakan profesi yang kompleks dan beragam. Perawat berpraktik di berbagai tempat yang menuntut aspek asuhan keperawatan  dan peran perawat yang berbeda. Keperawatan sebagai profesi adalah unik karena keperawatan ditujukan ke berbagai respons individu dan keluarga terhadap masalah kesehatan yang dihadapinya.

Definisi dan teori keperawatan dapat membantu mahasiswa keperawatan dalam memahami bagaiamana peran dan tindakan keperawatan yang sesuai dengan keperawatan. Berikut ini menguraikan tentang konsep dasar dari teori keperawatan yang ada di dunia.



Florence Nightingale (1860) / Environmental Theory

Keperawatan bertujuan untuk memfasilitasi proses penyembuhan tubuh dengan memanipulasi lingkungan klein. Lingkungan klien dimanipulasi untuk mendapatkan ketenangan, nutrisi, kebersihan, cahaya, kenyamanan, sosialisasi, dan harapan yang sesuai.

Hildegard Peplau (1952) / Interpersonal Relations Theory

Keperawatan bertujuan untuk mengembangkan interaksi antara perawat dan klien. Keperawatan merupakan proses yang penting, terapeutik dan interpersonal. Keperawatan berpartisipasi dalam menyusun struktur sistem asuhaan kesehatan untuk memfasilitasi kondisi yang alami dari kecenderungan manusia untuk mengembangkan hubungan interpersonal.

Virginia Henderson (1955) / Nursing Need Theory

Tujuan keperawatan adalah untuk bekerja secara mandiri dengan tenaga pemberi pelayanan kesehatan. Praktik keperawatan membentuk klien untuk melakukan 14 kebutuhan dasar Henderson.

Baca juga: 14 Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Virginia Henderson

Faye Glenn Abdellah (1960) / 21 Nursing Problems Theory

Tujuan keperawatan adalah untuk memberikan pelayanan kepada individu, keluarga dan masyarakat. Teori ini melingkupi 21 masalah keperawatan Abdellah.

Baca juga: 21 Masalah Keperawatan Menurut Faye Glenn Abdellah

Ida Jean Orlando (1961) / Nursing Process

Tujuan keperawatan adalah berespon terhadap perilaku klien dalam memenuhi kebutuhan klien dengan segera. Tiga elemen, seperti perilaku klien, reaksi perawat dan tindakan keperawatan membentuk situasi keperawatan.

Lydia Hall (1962) / Care, Cure, Core Nursing Theory

Tujuan keperawatan adalah memberikan asuhan dan kenyamanan bagi klien selama proses penyakit. Seorang klien dibentuk oleh bagian-bagian saling tumpang-tindih, yaitu manusia (inti), status patologis, pengobatan (penyembuhan) dan tubuh (perawatan). Perawat sebagai pemberi perawatan.

Ernestine Wiedenbach (1964) / The Helping Art of Clinical Nursing

Tujuan keperawatan untuk membantu individu dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan kemampuan untuk memenuhi tekanan atau kebutuhan yang dihasilkan dari suatu kondisi, lingkungan, situasi atau waktu. Praktik keperawatan berhubungan dengan individu yang memerlukan bantuan karena adanya stimulasi perilaku.

Myra Estrin Levine (1966) / The Conservation Model of Nursing

Tujuan keperawatan untuk melakukan konservasi kegiatan yang ditujukan untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki klien secara optimal. Model adaptasi manusia ini sebagai bagian dari satu kesatuan yang utuh didasari oleh empat prinsip konservasi keperawatan.