Gambar: The Sun

Dorothy Johnson (1968) / Behavioral System Model of Nursing

Tujuan keperawatan untuk mengurangi stress sehingga klien dapat bergerak lebih mudah melewati proses penyembuhan. Tujuan individu adalah untuk mencapai keseimbangan perilaku dan kondisi yang stabil melalui penyelerasan dan adaptasi tekanan tertentu.

Martha Rogers (1970) / Science of Unitary Human Beings

Tujuan keperawatan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan, mencegah kesakitan, dan merawat serta merehabilitasi klien yang sakit dan tidak mampu dengan pendekatan humanistik keperawatan.



Dorothea Orem (1971) / Self-care deficit nursing theory

Tujuan keperawatan adalah untuk merawat dan membantu klien mencapai perawatan diri secara total. Asuhan keperawatan menjadi penting ketika klien tidak mampu memenuhi kebutuhan biologis, psikologis, perkembangan dan sosial.

Imogene King (1971) / Theory of Goal Attainment

Tujuan keperawatan untuk memanfaatkan komunikasi dalam membantu klien mencapai kembali adaptasi secara positif terhadap lingkungan. Proses keperawatan didefinisikan sebagai proses interpersonal yang dinamis antara perawat, klien dan sistem pelayanan kesehatan.

Joyce Travelbee (1971) / Human to Human Relationship

Tujuan keperawatan adalah untuk membantu individu atau keluarga untuk mencegah atau mengembangkan koping terhadap penyakit yang dideritanya, medapatkan kembali kesehatannya, menemukan arti dari penyakit atau mempertahankan status kesehatan maksimalnya melalui intervensi tertentu.

Betty Neuman (1972) / Neuman Systems Model

Tujuan keperawatan untuk membantu individu, keluarga, dan kelompok untuk mendapatkan dan mempertahankan tingkat kesehatan maksimalnya melalui intervensi tertentu. Penurunan stres adalah tujuan dari sistem model praktik keperawatan. Tindakan keperawatan meliputi tindakan preventif tingkat primer, sekunder, atau tersier.

Paterson and Zderad (1975) / Humanistic nursing theories

Tujuan keperawatan adalah untuk berespons terhadap kebutuhan manusia dan membangun ilmu keperawatan yang humanistik. Keperawatan humanistik memerlukan partisipasi untuk memenuhi keunikan dan kesamaan dengan yang lain.

Madeleine Leininger (1978) / Transcultural Nursing Theory

Tujuan keperawatan adalah untuk memberikan perawatan yang konsisten dengan ilmu dan pengetahuan keperawatan dengan caring sebagai fokus sentral. Dengan teori trankultural ini, caring merupakan sentral dan menggabungkan pengetahuan dan praktik keperawatan.

Callista Roy (1979) / Adaptation Model of Nursing

Tujuan keperawatan untuk mengidentifikasi tipe kebutuhan klien, mengkaji kemampuan adaptasi terhadap kebutuhan dan membantu klien beradaptasi. Model adaptasi ini didasari oleh model adaptasi fisiologis, psikologis, sosiologis, serta ketergantungan dan kemandirian.

Jean Watson (1979) / Theory of Human Caring

Tujuan keperawatan adalah untuk meningkatkan kesehatan, mengembalikan klien pada kondisi sehatnya dan mencegah kesakitan. Teori ini mencakup filosopi dan ilmu tentang caring. Caring merupakan proses interpersonal yang terdiri dari intervensi yang menghasilkan pemenuhan kebutuhan manusia.

Baca juga: 10 Faktor Karatif dan Caritas Caring Jean Watson

Rosemarie Rizzo Parse (1981) / Human Becoming Theory

Tujuan keperawatan untuk memfokuskan pada manusia sebagai suatu unit yang hidup dan kualitas partisipasi manusia terhadap pengalaman sehat. Manusia secara terus menerus berinteraksi dengan lingkungan dan berpartisipasi dalam upaya mempertahankan kesehatannya. Sehat adalah suatu kontinu, proses yang terbuka buka sekedar status sehat atau hilangnya penyakit.


Sumber:

  • Potter & Perry, 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik Ed. 4. Jakarta: EGC
  • Nurslabs.com
  • nursing-theory.org