Sisi Negatif Buka Puasa Dengan Es Teh Manis

Gambar dari Google Image

Gustinerz.com | Salah satu minuman yang paling diminati saat berbuka puasa di Indonesia adalah es teh manis. Namun tahukah anda ada dampak yang kurang baik dari minum es teh manis saat berbuka?.

Pada dasarnya es teh manis mengandung gula sukrosa yakni struktur sederhana yang membuat jenis gula ini lebih mudah diserap sehingga cepat mengembalikan kadar gula darah pada saat puasa harian, sama halnya dengan nasi, roti yang memiliki kandungan karbohidrat yang juga dapat meningkatkan kadar gula darah namun ini butuh waktu yang lama.

Sisi negatif dari menu buka puasa es teh manis adalah lonjakan kadar gula darah yang cepat yang memicu rasa kantuk apalagi ditambah dengan konsumsi makanan berat, sehingga konumsi es teh manis tidak berlebihan saat buka puasa.

Kandungan kafein dalam es teh juga perlu diperhatikan, khususnya bagi para penderita lambung sensitif karena kafein dapat meningkatkan asam lambung dan juga berdampak pada diurik yang membuat seseorang sering buang air kecil akibatnya timbul tidak rasa nyaman.

Ketidaknyamanan ini berdampak pada ibadah dibulan suci ramadhan misalnya tidak khusunya sholat taraweh karena rasa kantuk dan ketidaknyamanan yang terjadi. < Beranda