WHO Tetapkan 2020 sebagai Tahun Perawat & Bidan, Ini Alasannya!

Gambar: PAHO/WHO

Gustinerz.com | Memasuki tahun 2020 ini, World Health Organization (WHO) menetapkan 2020 sebagai tahun perawat dan bidan. “Year of the Nurse and the Midwife 2020” itulah pernyataan WHO yang dikutip dari laman website resminya (who.int, 2020).

Perawat dan bidan merupakan profesi yang sangat berperan penting dalam pemberian pelayanan kesehatan di masyarakat, diantaranya pelayanan kesehatan ibu dan anak, imunisasi, promosi kesehatan, dan lainnya.



Mengapa 2020 dipilih WHO sebagai tahun perawat dan bidan?

Dalam rilis resminya melalui laman website who.int disebutkan tahun 2020 dipilih karena tahun ini merupakan 200 tahun / 2 abad kelahiran Florence Nightingale, ia merupakan pencetus dari berkembangnya keperawatan modern.

Perawat dan bidan merupakan tenaga kesehatan pertama yang ditemui oleh masyarakat ketika mengalami masalah kesehatan di komunitas. Sehingga dapat dikatakan peran perawat dan bidan sangat vital dalam pemberian pelayanan kesehatan pada masyarakat.


Sumber:

  • https://www.who.int/news-room/campaigns/year-of-the-nurse-and-the-midwife-2020
  • https://www.who.int/news-room/detail/27-12-2019-hrh-duchess-of-cambridge-letter-marks-year-of-the-nurse-and-the-midwife

2 tanggapan untuk “WHO Tetapkan 2020 sebagai Tahun Perawat & Bidan, Ini Alasannya!

  • saat ini sudah banyak penelitian yang menggunakan berbagai instrumen kinerja profesional perawat di rumah sakit sesuai dengan kewenangannya.. silahkan anda masukan kata kunci tersebut di google scholar lihat banyak penelitian yang telah mengembangkan instrumen penilaian kinerja perawat

  • Instrumen seperti apakah yang bisa digunakan untuk menilai kinerja profesional seorang perawat di Rumah sakit?

Komentar ditutup.