10 Bank Terbaik di Indonesia (versi Forbes)

ilustrasi | ©BCA

Pada 13 April 2021 Majalah Forbes merilis bank terbaik di Dunia. Sejak tahun 2020 (setahun lebih) dunia menghadapi wabah pandemi Covid-19 yang tentunya sangat berdampak pada ekonomi global. Dalam survei bank terbaik dunia ini, Forbes menggandeng Statista yang melakukan survei lebih dari 43.000 pelanggan di 28 negara di seluruh dunia untuk menanyakan pendapat mereka tentang bank yang dipilih.

Dalam survei yang dilakukan, pertanyaan seputar rekomendasi dan kepuasan keseluruhan termasuk kepercayaan, syarat dan ketentuan, layanan pelanggan, layanan digital dan nasihat keungan). Khusus di Indonesi, berikut 10 bank terbaik di Indonesia yang dikutip dari laman resmi Forbes.



10 Bank Terbaik di Indonesia

#1 Bank DBS (DBS Bank Limited)

Bank yang memiliki kantor Pusat di Singapura ini dinobatkan oleh Forbes sebagai Bank terbaik di Indonesia. Sebelumnya bank ini lebih dikenal dengan nama The Development Bank of Singapore Limited. Kantor pusat DBS ada di Singapura dan memiliki kantor cabang di beberapa negara yakni Indonesia, China, Hongkong, India, dan Taiwan.

#2 Bank Central Asia (BCA)

BCA merupakan salah satu Bank swasta yang ada di Indonesia. BCA dinobatkan sebagai bank terbaik ke-2 di Indonesia. BCA didirikan sejak tahun 1957. BCA dibawa kendali Grup Djarum (salah satu perusahan rokok terbesar di Indonesia) dan mayoritas saham bank ini dimiliki oleh Hartono bersaudara (R. Budi Hartono dan M. Bambang Hartono). Kantor pusat berada di Jakarta.

#3 Bank Syariah Indonesia (BSI)

Bank yang baru saja dibentuk dari gabungan 3 Bank Syariah milik Negara ini masuk dalam tiga besar bank terbaik di Indonesia. BSI berdiri pada Februari 2021 yang merupakan gabungan dari BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan BNI Syariah berkomitmen menjadi satu Bank yakni Bank Syariah Indonesia. Gabungan dari 3 bank ini menjadi salah satu bank dengan nilai aset tertinggi di Indonesia.

#4 Bank Mandiri

Bank Mandiri menjadi bank nomor 4 terbaik di Indonesia. Memiliki kantor pusat di Jakarta bank ini berdiri sejak 2 Oktober 1998 dan saat ini merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal asep, pinjaman dan deposit. Bank mandiri memiliki produk aplikasi Living yang dapat mempermudah nasabah melakukan transaksi.

#5 Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI menjadi bank yang begitu terkenal di Indonesia, hal ini karena visi dari bank ini adalah menjangkau hingga ke pelosok desa di Indonesia. Tahun 2021 ini Forbes menobatkan BRI sebagai Bank terbaik ke 5 di Indonesia. Bank milik Negara ini hingga kini terus memiliki perkembangan yang baik termasuk dalam bank digital dengan produk unggulannya BRIMO.

#6 Citibank

Citibank merupakan bank terbesar di dunia yang memiliki kantor pusat di New York, Amerika Serikat. Bank ini terdapat di berbagai negara di benua termasuk di Indonesia. Citibank didirikan sejak tahun 1812 sebagai Bank Kota New York.

#7 BCA Syariah

Djarum Grup, selain memiliki BCA juga memiliki BCA Syariah untuk menargetkan konsumen di Indonesia (khususnya umat Islam), perlu diingat Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim di Dunia (lebih dari 230 juta jiwa umat muslim). BCA Syariah tahun ini dinobatkan sebagai bank terbaik ke-7 di Indonesia.



#8 HSBC Holdings

Mungkin bagi sebagian orang di Indonesia merasa kurang begitu mengenal bank yang ini, alasanya karena belum memiliki kantor unit di beberapa Provinsi di Indonesia. HSBC merupakan bank yang berkantor pusat di London, Inggris. Di Indonesia bank ini berada di posisi ke-8 bank terbaik.

#9 Bank Negara Indonesia (BNI)

Bank milik negara ini berada di posisi ke-9 terbaik di Indonesia. BNI dikenal juga sebagai bank anak muda, karena memiliki salah satu produk khusus kaum muda yakni Taplus Muda.

#10 CIMB Niaga

CIMB Niaga merupakan bank swasta terbaik dan terbesar ke-dua di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1955 dan memiliki kantor pusat di Jakarta. Bank ini beberapa kali terjadi perubahan nama dari Bank Niaga, LippoBank dan akhirnya pada tahun 2008 menjadi nama CIMB Niaga hingga kini.


Sumber:

  • https://www.forbes.com/worlds-best-banks/#39d1e8871295
  • Wikipedia