FKep UNPAD | Google

Program studi (Prodi) keperawatan masih menjadi salah satu jurusan favorit di Indonesia. Salah satu alasan mengapa prodi ini masih menjadi primadona adalah tenaga perawat masih sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan pada masyarakat baik di fasilitas kesehatan rumah sakit, puskesmas dan klinik.

Saat ini dunia keperawatan sudah berkembang pesat, hal ini dapat dilihat dari telah dibukanya program studi s2 keperawatan bahkan saat ini program studi doktoral keperawatan sudah dibuka di 2 universitas yakni Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Khusus untuk prodi S2 keperawatan telah dibuka di 18 perguruan tinggi di Indonesia.

Perguruan tinggi yang telah membuka S2 Keperawatan di Indonesia



1. Universitas Indonesia (Akreditasi A)

Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI adalah pionir perkembangan pendidikan keperawatan di Indonesia. Program S2 Keperawatan di UI telah dibuka sejak tahun 1999, tahun 2003 UI sudah mulai membuka program spesialis keperawatan dan pada tahun 2008 telah dibuka jenjang Doktoral keperawatan pertama di Indonesia.

Saat ini Program S2 dan Spesialis Keperawatan di UI telah dibuka untuk bidang ilmu keperawatan yakni:

  1. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan (M.Kep)
  2. Keperawatan Medikal Bedah (M.Kep., Sp.KepMB)
  3. Keperawatan Maternitas (M.Kep., Sp.KepMat)
  4. Keperawatan Anak (M.Kep., Sp.Kep.An)
  5. Keperawatan Jiwa (M.Kep., Sp.KepJ)
  6. Keperawatan Komunitas (M.Kep., Sp.KepKom)
  7. Keperawatan Onkologi

2. Universitas Airlangga (Akreditasi A)

S2 Keperawatan di Fakultas Keperawatan Unair dibuka sejak tahun 2008. yang terdiri dari empat peminatan yaitu peminatan Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Jiwa dan Manajemen Keperawatan. Pada tahun 2020 Unair telah membuka prodi spesiali keperawatan medikal bedah. Selain prodi magister keperawatan di Unair juga sudah terdapat prodi Doktoral keperawatan yang dibuka sejak tahun 2017.

3. Universitas Padjadjaran (Akreditasi A)

Prodi magister keperawatan di Unpad sudah ada sejak tahun 2009 dengan peminatn keperawatan kritis dan keperawatan komunitas. Lalu tahun 2012 dibuka peminatan keperawatan medikal bedah dan setahunnya dibuka peminatan keperawatan jiwa dan manajemen keperawatan. Hingga tahun 2020 ini ditambah dengan peminatan keperawatan anak dan keperawatan maternitas.

4. Universitas Gadjah Mada (Akreditasi A)

Prodi Magister Keperawatan di UGM telah dibuka sejak tahun 2011 dibawah Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan. S2 Keperawatan UGM terdapat 5 peminatan yakni peminatan Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Gawat Darurat dan Keperawatan Jiwa.