Ini Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan

Ilustrasi (Google Image)

Gustinerz.com | Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum Islam diseluruh dunia. Di bulan inilah seluruh umat Islam diwajibakan untuk berpuasa (tidak makan dan tidak minum) serta menjauh hal-hal yang dapat membatalkan puasa lainnya.

Berbagai macam penelitian terkait manfaat puasa salah satunya manfaat puasa dari sudut pandang kesehatan. Rasullulah SAW berpesan “Shuumuu Tashihhu” (berpuasalah kamu, niscaya kamu akan sehat). Pesan Rasul ini telah terbukti dari berbagai macam penelitian yang membuktikan adanya manfaat yang besar berpuasa untuk kesehatan manusia, berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan mansuia yang Gustinerz oleh dari penelitian bahkan

  1. Meningkatkan kesehatana fisik atau jasmani. Pada saat melaksanakan ibadah puasa, maka terjadi pengurangan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya sehingga kerja beberapa organ tubuh seperti hati, ginjal, dan lambung terkurangi. Puasa memberikan kesempatan pada metabolisme (pencernaan) untuk beristirahat beberapa jam sehingga efektifitas fungsionalnya akan selalu normal.
  2. Memperbaiki vitalitas dan kekuatan sel-sel jantung.
  3. Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersigat roratif menjadi beban dalam akumulasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistem pencernaan (amilase, pangkrease, dan insulin dalam jumlah besar), sehingga akan meningkatkakn kualitas hidup dan kesehatan tubuh. Puasa dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan dara tinggi (hipertensi).
  4. Menghindari penyakit kanker.
  5. Meningkatkan detoksifikasi: Makan-makanann olahan yang banyak mengandung zat aditif (bersifat racun) kebanyakan disimpan dalam lemak tubuh. Lemak tubuh akan terbakar selama kita berpuasa sehingga racun-racun dalam tubuh juga secara otomatis dilepaskan keluar dari tubuh.

Puasa dapat mencegah penyakit yang ditimbulkan karena pola makan yang berlebihan yang berakibat penyakit kolesterol dan trigleserida tinggi, dan penyakit jantung. Sehingga dengan berpuasa kita dapat mencegah penyakit-penyakit tersebut. < Beranda

Referensi:

  • Lelya Hilda, 2014. Puasa dalam Kajian Islam dan Kesehatan. Fakultas Keguruan IAIN Sumetara Utara
  • http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-puasa-bagi-kesehatan.html