COVID-19 Jadi Pandemi, Ini 7 Langkah Mencegah Penyebaran Corona

Gambar: NBC News

Gustinerz.com | Tepat hari ini WHO telah menetapkan virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemi. Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana atau meliputo geografi yang laus. Hal ini berarti virus Corona telah diakui menyebar secara meluas dihampir di seluruh dunia. Pandemi juga dapat diartikan epidemi global (wabah atau peningkatan kasus penyakit dengan skala yang lebih besar).

Fakta terbaru seputar virus Corona



Tim ahli epidemiologi pemerintah Cina menemukan bahwa virus corona bisa bertahan di udara selama 30 menit, virus corona dalam tetesan cairan yang menempel pada permukaan benda bisa bertahan berhari-hari dan virus corona bisa menyebar sejauh 4.5 meter dari pasien positif.

Virus Corona dapat menempel dimana-mana pada permukaan benda-benda mati di tempat umum berpotensi menyebarkan virus corona seperti gagang pintu, pegangan kereta/busway, pegangan eskalator, tombil lift, dll.

Dr. Ben Killingley (konsultan pengobatan akut dan infeksi di University College London) mengatakan “Risiko terinfeksi virus dari benda mati memang rendah. Namun, ini seperti perjudian. Jika terinfeksi, kamu berarti sedang sial”

7 langkah mencegah penyebaran virus corona

  1. Cuci tangan menggunakan sabun sesering mungkin
  2. Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung dengan sering
  3. Tutup mulut saat batuk dengan lengan tangan atau tisu
  4. Hindari tempat ramai yang memiliki risiko penyebaran
  5. Tinggal di rumah jika merasa tidak sehat atau mengeluh demam dan batuk
  6. Jika mengalami demam, batuk dan sesak napas segera menghubungi kontak senter corona atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat
  7. Tetap waspada dan mengikuti informasi dari media resmi milik pemerintah

Tambahan: Pakai hand senitizer setelah menyentuh benda mati di tempat ramai yang berisiko (gagang pintu, pegangan kereta, pegangan eskalator, tombol lift)


Sumber:

  • WHO
  • Kumparan.com