Fakta Tentang Pilek (Flu) yang Harus Kamu Ketahui

ilustrasi | ©The Independent
Tulisan oleh: Shibghatun Ni'mah (Apoteker)

Influenza atau flu atau yang lebih dikenal pilek. Pilek merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus. Setiap orang pernah mengalami pilek. Pilek dapat menyerang balita, anak-anak, dewasa maupun orang tua. Flu atau pilek ini dapat menimbulkan gejala yang sangat berat dan serius, terutama pada pasien yang sudah dalam kondisi lemah, lanjut usia atau yang mengidap penyakit kronis.

Orang awam sering keliru menganggap penyakit batuk pilek biasa sebagai flu, padahal sesungguhnya gejala dari kedua penyakit ini cukup berbeda. Berikut ini adalah Fakta Pilek yang Harus Kamu Ketahui



Pilek atau Flu disebabkan oleh Virus

Virus Influenza atau flu terdiri dari 3 jenis yaitu Tipe A, B, dan C. Virus tipe A sangat sering dijumpai dan biasanya menimbulkan epidemik yang serius.Tipe B juga dapat menimbulkan epidemik, tetapi biasanya lebih ringan. Sedangkan virus tipe C tidak mengakibatkan epidemik yang luas.

Pilek atau Flu Menyerang Saluran Pernafasan

Flu merupakan penyakit serius yang meyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru dan dapat mengakibatkan pneumonia.

Sudah Tersedia Vaksin Flu

Vaksin flu mengandung virus influenza yang sudah dilemahkan sehingga tidak lagi mampu bermultipikasi atau menyebabkan infeksi. Pada beberapa individu tertentu, pemberian vaksin flu dapat menimbulkan respon imun berupa demam, nyeri otot dan sakit kepala pada 6-12 jam pasca vaksinasi dan berlangsung selama 24 jam sampai 48 jam

Jenis Virus Flu Mengalami Perubahan Terus Menerus

Jenis virus flu mengalami perubahan terus menerus dari tahun ke tahun sehingga jenis vaksin juga perlu diganti setiap tahun untuk memerangi virus jenis baru. Selain itu efek imunitas dari vaksin flu hanya bertahan selama setahun sehingga individu perlu divaksinasi kembali setiap tahun.

Pilek atau Flu Tidak Menular Jika Kekebalan Tubuh Kita Kuat

Tubuh kita memiliki sistem kekebalan. Dimana jika ada virus masuk kedalam tubuh secara normalnya dan otomatis tubuh akan melawan virus tersebut. Jika tubuh kita fit atau sehat maka sistem kekebalan tubuh akan mampu melawan virus yang datang. Sehingga meskipun kita bersama orang yang sedang terserang flu, kita tidak akan tertular dan sebaliknya jika tubuh kita sedang lemah virus flu mudah sekali menginfeksi.

Tumbuhan Echinacea Dapat Membantu Mengobati Flu

Tumbuhan ini dapat digunakan untuk membantu mengobati flu. Karena tumbuhan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Di indonesia sendiri telah ada sediaan obat dalam bentuk tablet dan sirup, salah satu contohnya adalah imboost.