Inilah Rumah Sakit Dibawa Komando Militer

Google Image

Rumah sakit merupakan sebuah lembaga yang sangat penting bagi masyarakat untuk memperoleh kesehatannya. Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat.

Berdasarkan aturan Permenkes 3/2020 menyebutkan bahwa yang dapat mendiri rumah sakit adalah pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau swasta. Aturan inilah yang membuat TNI juga bisa mendirikan rumah sakit.



Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI) memiliki memiliki badan yang disebut Pusat Kesehatan Angkatan Darat (PUSKESAD) yang bertugas membina kesehatan prajurit, PNS TNI AD, beserta keluarganya secara terus-menerus dan berkesinambungan agar dapat dicapai kondisi sehat fisik, jiwa dan sosial yang berpengaruh terhadap kesiapan prajurit. Pada badan inilah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan rumah sakit dibawah kendali TNI AD.

Selain melayani kesehatan bagi para prajurit rumah sakit milik TNI AD juga melayani kesehatan bagi masyarakat umum.

Salah satu rumah sakit yang begitu terkenal dibawah kendali TNI AD adalah RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) namun tahukah kita bahwa TNI AD memiliki 15 rumah sakit yang terletak diberbagai daerah di Indonesia. Berikut daftar rumah sakit dibawah kendali TNI AD

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto

RSPAD Gatoto Soebroto | Google Image

RSPAD Gatot Soebroto dibuka sejak 8 Maret 1942 terletak di DKI Jakarta tepatnya di jalan Dr. Abudl Rachman Saleh. Nama rumah sakit ini diambil dari Jenderal TNI Gatot Soebroto yang merupakan toko perjuangan militer Indonesia dalam meraih kemerdekaan.  RSPAD saat ini dipimpin oleh Mayjend TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Sp.B, FinaCS, M.Si. RSPAD Gatot Soebroto juga digunakan sebagai rumah sakit dalam pemeriksaan kesehatan pejabat-pejabat penting negara diantaranya pemeriksaan kesehatan Capres/Cawapres.

Rumah Sakit dr. Soedjono Magelang

RUMKIT TK II Dr. Soedjono | Google Image

Rumah sakit tingkat II dr. Soedjono didirikan pada tahun 1917 oleh pemerintah belanda sebagai rumah sakit militer belanda. Rumah sakit ini telah beberapa kali berganti nama hingga akhirnya menjadi RS dr. Soedjono pada tahun 1974. Rumah sakit ini memiliki nama lengkap RUMKIT TK.II 04.05.01 dr. Soedjono dibawah Komando Daerah Militer IV/Diponegoro.

Rumah Sakit Tk. II Dr. AK Gani Palembang

Rumah Sakit Tk. II Dr. AK Gan | Google Image

Rumah Sakit ini didirikan sejak tahun 1950 dan beberapa kali berganti nama hingga menjadi Rumkit Tk.II Dr. AK Gani dibawha komando KODAM II/Sriwijaya. Rumkit ini dipimpin oleh Kolonel Ckm dr. Ponco Darmono, Sp.B

Rumah Sakit Tk. II Dustira Cimahi

Rumah Sakit Tk. II Dustira | http://rsdustira.com

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit Militare Hospital yang didirikan oleh Belanda namun sejak tahun 1949 rumah sakit ini diserahkan ke TNI karena telah diakuinya kedaulatan Negara Indonesia. Rumkit ini dibawah wilayah KODAM III/SIliwangi. Rumkit ini memiliki prestasi yang baik mulai dari akreditasi paripurna dari KARS 2020 (Komisi Akreditasi Rumah sakit) dan juga merupakan RS. Pendidikan.

Rumah Sakit TK.II dr. Soepraoen Malang

Rumah Sakit TK.II dr. Soepraoen | Google Image

Rumah sakit ini dulunya bernama rumah sakit kristen / Zending. Tahun 1950 RS ini diserahkan berangsung-angsunr ke RI. Rumah sakit ini dibawah komando Kesehatan Daerah Militer V/Brawijaya sejak tahun 2006. Rumkit dr. Soepranoen dipimpin oleh Kol. Ckm dr. Trio Tangkas W.M, Sp.PD

Rumah Sakit Tk.II Marten Indey Jayapura

Rumah Sakit Tk.II Marten Indey
Rumah Sakit Tk.II Marten Indey | Google Image

Rumkit Marthen Indey Jayapura sebelumnya bernama RS Tingkat III dr. Aryoko, namun sejak tahun 2012 menjadi nama saat ini berdasarkan keputusan KASAD (Kepala Staf Angkatan Darat). RS ini terletak di Jl. Diponegoro Kel. Gurabesi distrik Jayapura Utara.

Rumah Sakit TK.II R. Hardjanto Balikpapan

Rumah Sakit TK.II R. Hardjanto | Google Image

Pada tanggal 6 Mei 1950 RS Dr. R. Jardjanto diserahkan ke Indonesia oleh Tentara Belanda. Pada tahun 2013 rumah sakit ini naik tingkat dari tingkat III menjadi tingkat II dibawah komando militer VI Mulawarman.

Rumah Sakit Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa Jakarta

Rumah Sakit Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa | Google Image

RS Tk. II Moh. Ridwan Meuraksa didirikan sejak tanggal 25 Mei 1972. Rumkit ini terletak di Jl. Taman Mini I, RT. 4/RW2, Pinang Ranti, DKI Jakarta.

Rumah Sakit Tk. II Putri Hijau Medan

RS Tk. II Putri Hijau Medan | Google Image

Rumkit ini dahulu merupakan Tempat Perawatan Asrama (TPA) yang dipergunakan untuk merawat anggota tentara maupun keluarga yang sakit. RS Tk. II Putri Hijau Medan terletak di Jl. Putri Hijau No. 17 Kesawan Kota Medan Sumut. RS ini dibawah Kesdam I/Bukit Barisan Medan.

Rumah Sakit TK. II Kartika Husada Pontianak

Rumah Sakit TK.II Kartika Husada Pontianak | Google Image

Pada tahun 1950 rumkit ini bernama Djawatan Kesehatan Sub Teritorium (DKT) I / VI, namun sejak tahun 1967 berubah nama menjadi Rumkit Kesdam XII / Tanjungpura, nama rumah sakit ini berubah lagi menjadi Rumah Sakit Tk. II Kartika Husada dibawah Kesdam XII Tanjungpura

Rumah Sakit TK.II Iskandar Muda Banda Aceh

Rumah Sakit TK.II Iskandar Muda Banda Aceh | Goole Image

Pada tahun 2013 Rumah Sakit Kesdam Iskanda Muda Resmi Menjadi RS Tingkat II. Rumkit yang terletak di Jl. T Bendahara Kota Banda Aceh ini memiliki visi “menjadi rumah sakit terpercaya dan pilihan bagi rpajurit, ASN, keluarga serta masyarakat umum”.

Rumah Sakit Tk. II Pelamonia Makassar

Rumah Sakit Tk. II Pelamonia Makassar | Google Image

Rumah sakit ini terletak di Jl. Jend. Sudirman KOta Makassar Sulsel. RS Pelamonia Makassar merupakan RS TNI AD yang merupakan unsur pelaksana KESDAM VII/Wirabuana.

Rumah Sakit TK.II dr. J.A. Latumeten Ambon

Rumah Sakit TK.II dr. J.A. Latumeten | Google Image

Rumah sakit Tk II Prof. Dr. J.A Latumeten Ambon didirikan pada tahun 1960. Rumah sakit ini sebelumnya berada pada tingkat III namun pada tanhun 2013 berubah menjadi tingkat II dibawah Kodam XVI/Patimura.

Rumah Sakit Tk.II Udayana Denpasar

Rumah Sakit Tk.II Udayana | Google Image

Rumah Sakit Angkatan Darat Denpasar terletak du Jl. PB Sudriman Kota Denpasar, Bali. RS ini telah terakreditasi Paripurna dari KARS.

Rumah Sakit TK.II Robert Wolter Monginsidi Manado

Rumah Sakit TK.II Robert Wolter Monginsidi | Google Image

Rumah sakit yang terletak di Kota Manado ini pada tahun 2018 naik level dari Rumkit Tik. III menjadi Tk. II. Rumkit ini berawal dari didirikanya Noed Zieken Zaal oleh Belanda sebelum perang.

Itulah ke 15 Rumah sakit dibawah komando militer TNI AD, semoga kehadiran rumkit ini selain dapat membantu prajurit juga dapat membantu peningkatan kesehatan masyarakat.


Sumber:

  • Diolah dari berbagai informasi