Mengenal International Council of Nurses (ICN)

Gambar: Mt. SAC

International Council of Nurses atau yang lebih dikenal ICN merupakan sebuah lembaga internasional yang memiliki misi sebagai wadah keperawatan di seluruh dunia, memajukan profesi keperawatan, mempromosikan kesejahteraan perawat, dan mengadvokasi kesehatan dalam semua kebijakan. ICN merupakan organisasi keperawatan pertama di dunia.



ICN didirikan pada tanggal 1 Juli tahun 1899 di Inggris yang diprakasai oleh Ethel Gordon Fenwick (seorang perawat dari Inggris) ia lalu menjadi presiden pertama dari ICN. Fencwick percaya untuk meningkatkan standar keperawatan, perlu ditingkatkan standar pendidikan perawat dan memberi mereka registrasi sebagai bukti pelatihan (kompetensi seorang perawat).

Saat ini ICN dipimpin oleh Annette Kennedy (perawat Irlandia) ia menjabat sebagai presiden ICN ke-28 sejak tahun 2017. Struktur kepengurusan ICN terdiri dari perawat-perawat dari berbagai negara misalnya dari Amerika, Afrika Selatan, Spanyol, dll.

Saat ini ICN memiliki lebih dari 130 asosiasi perawat di berbagai negara. PPNI merupakan salah satu anggota dari ICN. Jadi jika anda sebagai anggota PPNI otomatis merupakan bagian/anggota dari ICN.


Sumber:

  • Diolah dari berbagai sumber online