Inilah Universitas Pencetak Orang Terkaya di Indonesia

Gustinerz.com | Pendidikan yang baik adalah landasan yang kuat guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Berikut ini orang-orang terkaya di dunia asal Indonesia yang ternyata merupakan alumnus dari Universitas yang ada di Indonesia.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono

Robert Budi Hartono tercatat sebagai orang pertama paling tajir di Indonesia. Ia tercatata memiliki keyaan sebesar $18,2 miliar (Rp. 254,8 triliun) kurs Rp. 14.000/dolar AS, dengan harta sebanyak itu menempatkan ia ke 57 orang terkaya di Dunia (Forbes, 6/2019). Kekayaan Budi Hartono ditopang dari bisnis bank yakni PT Bank Central Asia Tbk dan perusahaan rokok Djarum.

Sementara itu, Michael Bambang Hartono menempati posisi ke dua orang terkaya di Indonesia dan peringkat 58 terkaya di dunia dengan harta $18,1 miliar (Rp. 253,4 triliun). Hartono bersaudara memiliki BCA melalui PT Dwimuria INvestama Andalan.

Berdasarkan referensi yang dihimpun Gustinerz keduanya tercatata pernah menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah.

Universitas Indonesia (UI)

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung atau saat ini akrab dipanggil CT merupakan seorang pengusaha kaya raya dengan harta $3,9 miliar (Rp. 54,6 triliun) menempatkan ia ke posisi orang terkaya di Indonesia ke 5 dan peringkat 559 orang terkaya di dunia (Forbes, Juni 2019)

Chairul Tanjung memiliki perusahan CT Corp yang terdiri dari tiga perusahan sub holding yakni Mega Corp, Trans Corp dan CT Global Resources. Perusahannya bergerak dibidang finansial, properti dan multimedia.

Chairul Tanjung tercatat pernah kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tahun 1987. Kisah hidupnya telah dituangkan dalam buku yang berjudul “Chaitul Tanjung si Anak Singkong”

halaman berikutnya