Faktor Risiko Terjadinya Dekubitus Pada Pasien di Rumah Sakit

Gambar dari Everyday Health

Gustinerz.com | Dekubitus adalah kerusakan jaringan yang terlokalisir yang disebabkan karena adanya kompressi jaringan yang lunak diatas tulang yang menonjol (body prominence) dan adanya tekanan dari luar dalam jangka waktu yang lama. Kompresi jaringan akan menyebabkan gangguan pada suplai darah pada daeraha yang tertekan, apabila keadaan ini berlangsung lama akan menyababkan insufisiensi aliran darah, anoreksia atau iskemia jaringan dan akhirnya dapat mengakibatkan kematian sel.

Ada dua hal utama yang berhubungan dengan risiko kejadian dekubitus yaitu faktor tekanan dan toleransi jaringan (Braden dan Bergstrom, 2000). Faktor yang memengaruhi durasi dan instensitas tekanan adalah imobilisasi, inaktifitas dan penurunan sensori presepsi. Sementara faktor yang memengaruhi toleransi jaringan terdiri dari faktor dari pasien itu sendiri (intrinsik)  dan faktor dari luar (ekstrinsik).

Berikut faktor risiko terjadinya dekubitus pada pasien

Mobilitas dan Aktivitas

Mobilisasi adalah kemampuan untuk mengubah dan mengontrol posisi tubuh, sedangkan aktivitas adaalah kemampuan untuk berpindah. Pasien yang terbaring di rumah tidak mampu untuk merubah posisi di tempat tidur sehingga memiliki risiko terjadinya luka tekan (dekubitus). Imobilitas yang lama merupakan faktor pencetus utama terjadinya dekubitus.

halaman berikutnya