Jurnal Keperawatan Indonesia Yang Terakreditasi Nasional

Gustinerz.com | Publikasi ilmiah saat ini telah menjadi kebutuhan bagi para peneliti untuk mempublikasi riset/penelitiannya pada media/jurnal yang telah terakreditasi oleh lembaga kredibel dalam hal ini dilakukan oleh Kementrina Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti).

Periset dapat mempublikasikan karya ilmiahnya sesuai dengan bidang penelitiannya/konsetrasi ilmu masing-masing. Untuk ilmu keperawatan sendiri saat ini telah memiliki media/jurnal untuk publikasi karya ilmiah dibidang keperawatan, yaitu:

Jurnal Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Surabaya

Jurnal Ners adalah jurnal keperawatan peer-review ilmiah yang diterbitkan setiap enam bulan sekali (April dan Oktober) oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Indonesia, bekerja sama dengan Asosiasi Perawat Nasional Indonesia, Provinsi Jawa Timur.

Jurnal Ners merupakan jurnal keperawatan pertama yang terakreditasi nasional berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 58/DIKTI/Kep/2013 tanggal 22 Agustus 2013.

Jurnal Ners menyediakan forum untuk penelitian dan beasiswa asli yang relevan dengan keperawatan dan profesi terkait kesehatan lainnya. Jurnal Ners adalah jurnal keperawatan peer-review ilmiah yang diterbitkan setiap enam bulan sekali (April dan Oktober) oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Indonesia, bekerja sama dengan Asosiasi Perawat Nasional Indonesia, Provinsi Jawa Timur. Jurnal ini secara khusus menyambut baik penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi dan memahami intervensi asuhan keperawatan yang kompleks yang menggunakan rancangan dan metode yang paling tepat untuk pertanyaan penelitian yang diminati. Jurnal tersebut telah menerbitkan artikel asli yang diprakirakan oleh peer to peer kepada keperawatan internasional sejak tahun 2006, menjadikannya salah satu repositori beasiswa terlama di bidang ini. Jurnal Ners menawarkan kepada penulis manfaat dari (1) jurnal yang sangat dihormati di bidang keperawatan; (2) Indeks tersebut diindeks di database utama, seperti Directory of Open Access Journal (DOAJ), Index Copernicus International (ICI), Index PKP, Indeks Sains dan Teknologi (SINTA), WorldCat, Indonesian Publication Index (IPI), Google Scholar , Bielefeld Academic Search Engine (BASE); (3) Penyaringan awal yang cepat untuk kesesuaian dan ketertarikan editorial. Selain itu, Jurnal Ners telah diakreditasi oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia sejak 2010

Jurnal Keperawatan Padjadjaran Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran, Bandung

Jurnal Keperawatan Padjadjaran (JKP) atau Jurnal Keperawatan Padjadjaran yang di bentuk sejak 2013 adalah jurnal publikasi ilmiah, terbit tiga kali setahun (April, Agustus, dan Desember) dengan menggunakan sistem peer review untuk pemilihan artikel.

JKP diakui dan diakreditasi oleh Direktorat Pendidikan Indonesia berdasarkan Jurnal Keperawatan Padjadjaran (SK No. 1 / E / KPT / 2015) yang ditujukan untuk para praktisi, akademisi, profesional, pelajar atau masyarakat umum yang terlibat dan tertarik pada pengembangan Kesehatan dan Ilmu Keperawatan.

Jurnal ini adalah Open Access Journal, pengguna atau pembaca dapat langsung mengakses artikel di jurnal ini pada saat artikel tersebut dipublikasikan.

Nurse Media Journal of Nursing (NMJN) Universitas Diponogoro

NMJN adalah jurnal internasional akses terbuka (e-journal) yang menerbitkan karya ilmiah untuk praktisi dan peneliti perawat.

Fokus dan cakupan jurnal meliputi keperawatan dewasa, keperawatan darurat, keperawatan gerontologis, keperawatan masyarakat, perawatan kesehatan mental, perawatan anak, perawatan ibu hamil, kepemimpinan dan manajemen keperawatan, Complementary and Alternative Medicine (CAM) dalam keperawatan dan pendidikan dalam keperawatan.

Artikel dari jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali, yaitu pada bulan Juni dan Desember (2 isu per tahun), dan dikembangkan oleh Departemen Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

NMJN adalah jurnal keperawatan ke tiga yang terkareditas secara nasional oleh Ristekdikti dengan nomor 60/E/KPT/2016. < Beranda

Sumber:

  • http://e-journal.unair.ac.id/index.php/JNERS
  • http://jkp.fkep.unpad.ac.id/index.php/jkp/index
  • http://ejournal.undip.ac.id/index.php/medianers/index