Madeleine Leininger: Transcultural Nursing Theory | ©Nurseslabs

Madeleine Leininger (1925-2012) merupakan salah satu tokoh penting dalam perkembangan dunia keperawatan. Kontribusi yang hingga kini digunakan dalam praktik keperawatan adalah teorinya yakni Transcultural Nursing (Keperawatan Transkultural) atau sering disebut juga Culture Care Theory (Teori Perawatan Budaya).

Teori trascultural nursing dipandang sebagai pengetahuan tentang individu, keluarga, kelompok, komunitas, dan institusi dalam sistem perawatan kesehatan yang beragam. Fokus utama teori Leininger adalah asuhan keperawatan sesuai dan memiliki manfaat bagi orang tanpa melihat latar belakang budaya yang berbeda atau serupa. Teori Leininger melibatkan pengetahuan dan pemahaman budaya yang berbeda sehubungan dengan praktik keperawatan.



Transcultural Nursing berfokus pada fakta bawah budaya yang berbeda memiliki perilaku peduli yang berbeda dan nilai kesehatan dan penyakit yang berbeda, keyakinan, dan pola perilaku. Fokus berikutnya adalah pada sistem generik, sistem perawatan profesional, dan asuhan keperawatan.

Transcultural nursing bertujuan memberikan asuhan yang sesuai dengan nilai-nilai budaya, keyakinan dan praktik. Pengetahuan budaya memainkan peran penting bagi perawat untuk menangani pasien. Teori ini membantu perawat untuk memahami dan menghormati keragaman yang sering kali ada dalam perawatan pasien.

Baca juga:

Pengetahuan tentang budaya pasien membantu perawat untuk berpikiran terbuka terhadap perawatan pasien, seperti terapi berbasis spiritual seperti meditasi. Melalui teori Leininger ini membantu perawat untuk mengamati bagaimana latar belakang budaya pasien dikaitkan dengan kesehatannya, dan menggunakan pengetahuan itu untuk membantu rencana keperawatan yang akan membantu pasien menjadi sehat dengan cepat sambil tetap peka terhadap budaya atau keyakinan pasien.

Madeleine Leininger’s Sunrise Model | ©Nurselabs

Cultural care preservation or Maintenance

Ini mencakup tindakan dan keputusan yang membantu, mendukung, memfasilitasi atau memungkinkan profesional yang membantu orang dari budaya tertentu untuk mempertahankan dan/atau melestarikan nilai-nilai perawatan yang relevan sehingga mereka dapat mempertahankan kesejahteraan mereka, memulihkan diri dari penyakit.

Cultural care accommodation or Negotiation

Tindakan dan keputusan profesional yang membantu, mendukung, fasilitastif, atau memungkinkan yang membantu orang-orang dari budaya tertentu untuk beradaptasi atau bernegosiasi dengan orang lain terkait kesehatannya.

Culture care repatterning or Restructuring

Tindakan dan keputusan yang membantu, mendukung, memfasilitasi atau memungkinkan profesional yang membantu pasien menyusun ulang, mengubah, atau sangat mengubah cara hidup mereka untuk pola perawatan kesehatan yang baru, berbeda dan bermanfaat sambil menghormati nilai-nilai budaya dan keyakinan klien.

Generic (Folk or Lay) Care Systems

Memfasilitasi, mendukung, dan suportif kepada individu atua kelompok untuk memperbaiki atau meningkatkan cara hidup manusia, kondisi kesehatan (kesejahteraan), untuk menangani cacat dan situasi kematian.

Professional Nursing Care (Caring)

Pengetahuan asuhan profesional dan keterampilan praktik yang dipelajari secara formal dan kognitif yang diperoleh melalui lembaga pendidikan yang digunakan untuk memberikan tindakan bantu, suporif, atau fasilitatif kepada individu atau kelompok untuk meningkatkan kualitas manusia.

Professional Care Systems

Perawatan profesional yang diajarkan, dipelajari, dan ditransmisikan secara formal, kesehatan, penyakit, kebugaran dan pengetahuan serta keterampilan tertentu.


Sumber: