NMJN Jurnal Keperawatan di Indonesia Terindeks Scopus

ilustrasi | ©Nurse Plus

Jurnal merupakan media ilmiah yang sangat penting di era saat ini. Jurnal ilmiah merupakan publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan (Wikipedia). Saat ini telah banyak bermunculan jurnal ilmiah yang dikelola di universitas atau organisasi/perhimpunan profesi seminat di Indonesia.

Salah satu yang menjadi poin penting dari sebuah jurnal ilmiah adalah “apakah jurnal tersebut terindeks oleh lembaga kredibel (diakui secara global)?”. Contohnya terindeks Scopus, DOAJ, EBSCO, dan lain sebagainya, jika sebuah jurnal terindeks oleh beberapa database tersebut maka dapat meningkatkan kredibilatas jurnal tersebut, apalagi jika terindeks Scopus.



Scopus adalah basis datas sitasi atau jurnal ilmiah yang mulai diperkenalkan tahun 2004 silam. Scopus dimiliki oleh Elsevier sebuah lemaba penerbit terkemuka di dunia. Scopus masih menjadi populer atau banyak diminati oleh peneliti internasional. Sebuah jurnal ilmiah yang terindeks scopus dapat meningkatkan peminat para peneliti untuk melakukan publikasi di jurnal ilmiah tersebut. Sudah banyak jurnal ilmiah di Indonesia yang telah terindeks scopus mulai dari Q4 hingga Q1. Jika dilihat dari data base di Scopus hingga tahun 2019 terdapat 58 jurnal asal Indonesia yang telah terindeks scopus dari berbagai bidang ilmu.

Nurse Media Journal of Nursing (NMJN) yang dikelola oleh Jurusan Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menjadi jurnal perdana dan menjadi satu-satunya (hingga artikel ini dimuat) Jurnal Keperawatan yang terindeks Scopus dari Indonesia. Hal ini seperti yang tertera di dalam lamat web NMJN yang menyatakan bahwa NMJN saat ini telah terindeks SCOPUS.

Screenshot laman web NMJN

Selain itu terindeks Scopus, NMJN juga saat ini telah meraih peringkat SINTA 1 Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia. hal ini sesuai dengan SK Menteri Riset dan Teknologi Nomor 147/M/KPT/2020 yang dalam lampiran surat menyatakan Nurse Media Journal of Nursing peringkat 1 mulai volume 10 nomor 1 tahun 2020.