Minum Air Putih Tiap Pagi Hari Dapat Mencegah Konstipasi

Gambar dari USA Today

 Terapi minum air putih adalah sistem penyembuhan alami, menggunakan kebutuhan tubuh terhadap air, dan respons tubuh secara fisiologis terhadap air untuk mencegah, mengkoreksi dan meningkatkan rentang sehat manusia.

Efektifitas konsumsi air putih pada pagi hari terhadap masalah konstipasi telah diteliti oleh Yasmara (2013) yang menemukan bahwa konsumsi air putih 500 ml mampu mencegah terjadinya konstipasi pada pasien imobilisasi akibat gangguan sistem muskuloskeletal. Dari 24 pasien (mengalami konstipasi) yang diberikan perlakuan (konsumsi air putih 500 ml pagi hari selama 3 hari berturut-turut) didapatkan terjadi penurunan dimana 17 pasien tidak mengalami konstipasi lagi.

Penelitian lain yang diteliti oleh Hikayah (2014) pada pasien imobilasi akibat gangguan neurologi yang berakibat terjadinya konstipasi yang diberikan terapi konsumsi air putih 500 ml pada pagi hari. Dari 20 pasien (mengalami konstipasi) yang diberikan perlakuan (konsumsi air putih 500 ml pagi hari) didapatkan terjadi penurunan dimana 15 pasien tidak mengalami konstipasi lagi.

Dengan adanya bukti ilmiah tentang efektifitas konsumsi air putih 500 ml pagi hari yang dapat membantu mengatasi masalah konstipasi yang sering terjadi pada pasien imobilasi menjadi dasar yang kuat untuk membantu proses kesembuhan pasien/klien. < Beranda

Referensi:

  • http://e-journal.unair.ac.id/index.php/JNERS/article/viewFile/3880/2636
  • Hikaya RI., 2014. Efektifitas Pemberian Terapi Air Putih Pada Pagi Hari Terhadap Kejadian Konstipasi Pada Pasien Imobilisasi Akibat Gangguan Sistem Neurologi. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo.