Pandangan Para Ahli Terhadap Kebutuhan Dasar Manusia

Gambar dari Iuscogens

Gustinerz.com | Kebutuhan dasar manusia (KDM) merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia untuk mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis. Kebtuhan dasar manusia adalah kebutuhan individu yang menstimulasi respon untuk mempertahankan integritas (keutuhan) hidup. Berikut ini beberapa pandangan para ahli tentang kebutuhan dasar manusia.

Halbert Dunn (1958)

H. Dunn membagi kebutuhan dasar manusia menjadi 12 kebuthuan diantaranya adat istiadat/kepercayaan, komunikasi, persahabatan, kebutuhan untuk tubuh, kebutuhan berimajinasi, kebutuhan mendapat kasih sayang, keseimbangan, lingkungan fisik maupun sosial, sosialisasi, falsafah hidup, dignity (kedudukan) dan kamandeken.

Virginia Henderson (1966)

Henderson membagi kebutuhan dasar amnusia menjadi 14 typologi diantaranya kebuthan bernafas secara normal, kebutuhan makan dan minum secara adequat, kebutuhan eliminasi (buang air besar dan kecil), kebutuhan bergerak dan mempertahankan posisi, kebutuhan istirahat dan tidur, kebutuhan memilih pakaian yang tepat, kebutuhan mempertahankan posisi, mempertahankan temperatur tubuh, kebutuhan untuk menjadikan tubuh bersih dan baik, kebutuhan menghindari kerusakan lingkungan atau injuri, kebutuhan berkomunikasi, kebutuhan keyakinan atau kepercayaan, kebutuhan untuk bekerja, kebutuhan rekreasi dan kebutuhan belajar.

Abraham Maslow (1970)

Maslow membagi KDM menjadi 5 tingkat yakni kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman dan perlindungan, kebutuhan rasa cinta, memiliki dan dimiliki, kebutuhan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri.

  • Fisiologis: pemenuhan oksigen, cairan, makanan, eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan temperatur tubuh dan seksualitas.
  • Rasa aman dan perlindungan: udara dingin, panas, kecelakaan, infeksi, bebas dari ketakutan dan kecemasan.
  • Rasa cinta memiliki dan dimiliki: memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, mendapat tempat dalam keluarga dan kelompok sosial.
  • Kebutuhan harga diri yakni penilaian tentang dirinya.
  • Aktualisasi diri: kebutuhan mengenal diri dengan baik, tidak emosional, punya dedikasi tinggi, kreatif dan percaya diri.
Piramida kebutuhan dasar manusia Maslow

Jean Watson

J. Watson membagi KDM menjadi 4 cabang yakni kebutuhan dasar biofisikal, psikofisikal, psikososial, kebutuhan intra dan interpersonal.

  • Biofisikal (kebutuhan untuk hidup): makan dan cairan, eliminasi (buang air besar dan kecil) dan kebutuhan ventilasi (bernafas).
  • Psikofisikal (kebutuhan fungsional): aktivitas dan bersitirahat, kebutuhan seksual.
  • Intra dan interpersonal (kebutuhan untuk pengembangan) termasuk kebutuhan aktualisasi diri.

< Beranda

Sumber:

  • Dihimpun dari Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia oleh A. Aziz Hidayat & Musrifatul Uliyah tahun 2012.