Rupiah Zaman Now

Gustinerz.com | 71 tahun lalu, tepatnya tanggal 30 Oktober 1946 Rupiah (Rp.) menjadi mata uang resmi yang beredar dan dipergunakan sebagai transaksi jual beli di Republik Indonesia. Inilah salah satu sejarah penting buat bangsa Indonesia.

“mulai pukul 12 tengah malam nanti, uang Jepang yang selama ini beredar sebagai uang yang sah, tidak laku lagi. Beserta dengan uang Jepang itu ikut pula tidak berlaku uang De Javasche Bank. Dengan ini tutuplah suatu masa dalam sejarah keuangan Republik Indonesia. Masa yang penuh penderitaan dan kesukaran bagi rakyat kita” pesan Bung Hatta.

Saya lahir pada tahun 1992 diujung pulau Sulawesi (Gorontalo) dikala Soeharto berkuasa, dan mulai mengerti tentang uang diusia 6 atau 7 tahun (TK/SD). Setiap berangkat sekolah bapak selalu memberikan sebuah uang kertas berwana merah dan bergambar gunung yaitu uang senilai 100 rupiah untuk jajan di sekolah dan uang itu sudah lebih dari cukup untuk membeli nasi kuning saat waktu istrahat sekolah. Dizaman ini pula terjadi peristiwa kelam bangsa Indonesia yakni KRISIS MONETER dimana nilai tukar rupiah sangat rendah dibandingkan dengan mata uang lainnya (tentunya diusia saya saat itu tidak tahu apa-apa tentang krisis moneter).

Bapak dan Ibu saya berprofesi sebagai pedagang hingga saat ini, keadaan inilah yang membuat saya tahu semua jenis uang rupiah dari yang kecil hingga terbesar. Saya masih ingat saat kecil jenis uang rupiah yang pernah saya miliki adalah 25 rupiah (berwarna perak dan bergambar burung) dan 100.000 rupiah menjadi uang dengan nilai terbesar kala itu (memiliki uang 100.000 rupiah dizaman itu sama dengan memiliki uang 1.000.000 rupiah atau lebih dizaman sekarang)

Dari kecil hingga zaman now rupiah satu-satunya mata uang yang saya gunakan untuk bertransaksi. Rupiah zaman now tidak seperti zaman doloe. Rupiah saat ini menjadi mata uang yang diperhitungkan di Dunia karena Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil/berkembang dibandingkan dengan Negara lain khususnya dikawasan Asia Tenggara (ASEAN), walaupun nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika masih diatas Rp. 13.000.

Rupiah zaman now ada dimana-mana, ada dimesin ATM, Aplikasi online (Android, iOS, Windows), internet banking, sms banking, dan lain-lain. Apalagi zaman now adalah zaman e-commerce berkembang begitu pesat orang-orang cukup melalui smartphone bisa membeli apa saja yang mereka mau, bahkan keberadaan e-commerce di Indonesia mulai menggerser pusat perbelanjaan populer antara lain Matahari yang telah menutup beberapa gerai mereka di Indonesia.

Rupiah zaman now adalah MATA UANG YANG BERDAULAT DINEGARAKU INDONESIA, mata uang yang digunakan lebih dari 250juta orang setiap hari dan RUPIAH TETAP MENJADI KEBANGGAAN BANGSA INDONESIA. MARI CINTAI RUPIAH UNTUK KEDAULATAN EKONOMI INDONESIA.

Sumber:

  • Gambar: femina.com
shares