Gustinerz.com | Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Dalam pelaksanaan asuhan keperawatan perawat harus melakukan komunikasi yang terapeutik.

Komunikasi terapeutik adalah proses penyampaian pesan, makna dan pemahaman perawat untuk memfasilitasi proses penyembuhan pasien. Komunikasi menjadi penting karena menjadi sarana bagi tenaga kesehatan untuk dapat melihat perubahan perilaku pasien dan sebagai kunci keberhasilan tindakan kesehatan.

Komunikasi terapeutik dapat berjalan apabila seorang perawat dapat dan mampu melakukan komunikasi dengan baik dan benar. Berikut bebera teknik yang dapat dilakukan perawat supaya komunikasi dengan pasien/klien berjalan lancar.

Mendengarkan



Perawat berusaha mengerti klien dengan cara mendengarkan apa yang disampailan klien. Sikap yang harus dilakukan adalah pandang klien saat bicara, tidak menyilangkan kaki/tangan, hindari gerakan yang tidak perlu, anggukan kepala, dan condongkan tubuh.

Menunjukkan penerimaan

Bersedia untuk mendengarkan orang lain. Sikap yang ditujukan: mendengarkan tanpa memutuskan pembicaraan, memberikan umpan balik, menghindari perdebatan dan ekspresi keraguan.

Menannyakan pertanyaan yang berkaitan

Perawat menyakan sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan klien. Gunakan kata-kata yang sesuai dengan konteks sosial budaya klien.

Mengulang ucapan klien dengan kata-kata sendiri

Memberikan umpan balik untuk mengerti pesan klien dan berharap komunikasi dapat dilanjutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *