ilustrasi | myperfectresume

Tenaga keperawatan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang ada di Indonesia. Profesi keperawatan dalam kurun waktu 1 dekade ini telah berkembang dengan cepat, hal ini dapat dilihat  telah dibukanya program spesialisasi (sp-1) dalam ilmu keperawatan.

Program spesialisasi keperawatan yang sebelumnya hanya terdapat di Universitas Indonesia, saat ini telah dibuka di beberapa Universitas seperti Universitas Airlangga, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.



Hingga saat ini terdapat 5 spesialisasi keperawatan yang ada di Indonesia yakni

  1. Spesialis Keperawatan Medikal Bedah (KMB): Melanjutkan pada pendidikan spesialis ini perawat wajib memiliki basic seorang perawat profesional (Ners) dan telah lulus dalam program magister keperawatan (M.Kep), gelar yang akan didapatkan dalam spesialis keperawatan medikal bedah adalah Sp.Kep.MB. Program spesilis KMB ini telah dibuka di UI, UNAIR, dan UMJ dengan lama studi 2 semester (1 tahun).
  2. Spesialis Keperawatan Maternitas: Sama halnya dengan program spesialis KMB, Spesialis Keperawatan Maternitas juga mewajibkan lulus dengan basic Ners dan Magister Keperawatan untuk bisa melanjutkan ke program Spesialis Keperawatan Maternitas. Titel yang didapat pada program spesialis ini adalah Sp.Kep.Mat. Prodi Spesialis Maternitas saat ini baru ada di Fakultas Ilmu Keperawatan UI dengan lama studi 2 semester.
  3. Spesialis Keperawatan Komunitas: Program Studi spesialis komunitas saat ini telah dibuka di UI dan UMJ. Titel yang didapat ketika lulus prodi spesialis ini adalah Sp.Kep.Kom dengan lama studi 2 semester. Untuk melanjutkan pada program spesialis keperawatan komunitas wajib telah lulus Ners dan Magister Keperawatan.
  4. Spesialis Keperawatan Jiwa: Keperawatan Jiwa merupakan salah satu bidang ilmu keperawatan yang juga banyak diminati saat ini. Spesialis Keperawatan Jiwa di Indonesia baru ada di Universitas Indonesia. Gelar yang didapat adalah Sp.Kep.J
  5. Spesialis Keperawatan Anak: Lulusan program spesialis keperawatan anak akan mendapatkan gelar Sp.Kep.An, prodi ners spesialis anak saat ini baru ada di Universitas Indonesia.

Melanjutkan ke tingkat pendidikan spesialis-1 dalam ilmu keperawatan bisa lebih memperdalam penguasaan kita dalam satu bidang, semoga kedepan spesialis-2 atau sub-spesialis dalam dunia keperawatan dapat dibuka.

Baca juga:


Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.