Gambar: southtees

Masalah nyeri sering dihadapi oleh pasien ketika masuk rumah sakit apalagi pasien anak-anak yang sangat rentan mengalami nyeri baik dari penyakit yang diderita atau tindakan/intervensi medis yang diberikan yang dapat mengakibatkan anak mengalami rasa sakit.

Sensari nyeri adalah fenomena yang kompleks melibatkan proses fisiologis pada sistem saraf yang meliputo transduksi, transmisi, presepsi dan modulasi. Sensasi nyeri pada seseorang dapat dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, pengalaman nyeri, temperamen, budaya, keluarga, dan situasional.



Untuk itu perlu dilakukan pengkajian atau pengukuran nyeri pada setiap individu khususnya pada pasien anak-anak. Saat ini terdapat 6 instrumen atau alat ukur yang dapat digunakan dalam mengukur nyeri.

1. Faces Rating Scale (Wong & Baker)

Pengkuran nyeri dengan menggunakan gambar wajah yang menggambarkan eksrpresi wajah ketika merasakan nyeri. Instrumen ini dapat digunakan pada anak usia 5-12 tahun.

Wong Baker Faces Pain Rating Scale

2. Oucher Scale

Skala nyeri oucher adalah alat untuk mengukur intensitas nyeri pada anak. Poster Oucher terdapat gambar yang dapat ditunjuk atau dipilih anak yang menggambarkan keadaan nyeri yang mereka alami. Oucher dapat digunakan untuk anak usia 3-13 tahun

OUCHER scale

3. Visual Analog Scale

Metode pengukuran nyeri dengan skala linier yang menampilkan visualisasi gradasi tingkat skala nyeri. Alat ini mengukur nyeri menggunakan skala kontinu terdapat garis horizontal ataupun vertikal, ujung garis bisa berupa angka maupun deskriptif nyeri panjangnya 10 cm, skor 0 menunjukkan tidak nyeri dan skor 100 menunjukkan nyeri hebat. Cocok digunakan untuk mengukur intensitas nyeri pada anak usia diatas 7 tahun.

Visual Analog Scale (VAS)

4. Numeric Pain Rating Scale

Skala ini menggunakan rentang angka 0-10. “0” berarti tidak ada nyeri dan angka “10” menunjukkan nyeri hebat. Untuk menggunakan alat ukur anjurkan pasien memberi tanda pada nomor nyeri yang dirasakan, interpretasinya dilihat dimana tanda skala nyeri. Alat ukur ini dapat digunakan untuk anak usia 5 tahun keatas.

5. Verbal Rating Scale

Skala verbal hanya menggunakan kata-kata. Skala ini membatasi pilihan kata-katanya yakni tidak ada nyeri sama skelai, nyeri ringan, nyeri sedang, dan nyeri berat. Pasien anak diminta memilih kata-kata yang sesuai dengan yang dirasakan. Skala ini dapat digunakan untuk usia 4-17 tahun.

Verbal Rating Scale

6. Face, Actifity, Legs, Cry, Consolability (FLACC)

Skala ini dapat digunakan untuk mengkaji intensitas nyeri anak usia 2 bulan sampai 7 tahun yang tidak dapat menilai nyeri yang dialaminya dengan skala lain atau dalam hal ini anak yang memiliki masalah kognitif.

FLACC Score

Presepsi nyeri setiap pasien bersifat subjektif sehingga banyak faktor yang dapat mempengaruhi nyeri seperti usia, jenis kelamin, pengalaman terhadap nyeri sebelumnya, kecemasan, budaya, efek placebo, pola koping, keluarga dan dukungan sosial.


Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *