Daftar Buku yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Keperawatan

Gambar dari Florida Nurses Association

Buku Ajar Fundamental Keperawatan

Buku fundamental keperawatan sendiri yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah yang ditulis oleh Potter & Perry. Namun ada juga buku fundamental keperawatan yang ditulis oleh Kozier, Erb, Berman, dan Snyder. Keduanya isinya hampir sama.

Buku Anatomi & Fisiologi

Belajar tentang Anatomi dan Fisiologi (ANFIS) bagi mahasiswa keperawatan adalah wajib, sehingga untuk mendukung pengetahuan mahasiswa tentang anfis baiknya mahasiswa memiliki buku ini. Buku ANFIS sudah banyak beredar di pasaran. Baiknya memilih buku yang lebih rinci.

Buku Prosedur Klinis dan Pemeriksaan Fisik

Mahasiswa keperawaan pasti akan menghadapi namanya ujian klinis (OSCE) atau CSL (Clinical Skill Learning) yang mewajibkan mahasiswa menguasi tindakan prosedur klinis misalnya pemasangan infus, NGT, dll. Pililah buku yang lengkap prosedur klini yang dibagi berdasarkan kebutuhan yang terganggu.



Buku penunjang lainnya

Keperawatan memiliki beragam keahlian sehingga baiknya seorang perawat memiliki satu keahlian atau minat misalnya keperawatan anak, keperawatan medikal bedah, manajemen, maternitas, jiwa, komunitas/keluarga, gerontik, gawat darurat dan kritis. Kesemua keahlian ini memiliki buku-buku yang disusun pakar atau guru besar keperawatan misalnya buku ajar Manajemen Keperawatan oleh Prof. Nursalam, buku Keperawatan Jiwa oleh Prof. Budi Anna Keliat, dll.

Dari bangku kuliah mahasisawa keperawatan (calon perawat) sudah bisa memilih mana yang ia sukai / minatnya sesuai keahlian yang disebutkan diatas.

halaman utama