Implementasi Tindakan Keperawatan Pada Masa Pendemi Covid-19

ilustrasi | Infectious Disease Advisor

Oleh: Luthfatun Muthiah (Semester 7/C)

(tulisan ini dilombakan dalam kegiatan Dies Natalis Keperawatan UNG 2020)

Perawat merupakan tenaga kesehatan yang memegang peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan. pelayanan berkualitas merupakan tujuan utama dari sistem pelayanan kesehatan, dimana tujuan kualitas pelayanan adalah untuk memastikan bahwa jasa atau produk pelayanan keperawatan yang dihasilkan sesuai dengan standar atau keinginan pasien. Hingga proses keperawatan sangat berpengaruh dari seorang perawat itu sendiri. Perawat merupakan profesi yang paling mulia hingga pada saat wabah Covid-19 ini melanda, menjadikan perawat menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Ketika hampir sebagian besar ASN (aparatur sipil negara) melakukan WFH (work from home) diikuti juga dengan para karyawan swasta. Maka salah satu tenaga professional yang tetap bekerja adalah tenaga kesehatan, di mana masih harus bekerja dan tetap melakukan pengabdian salah satunya adalah profesi perawat. Terutama perawat yang bekerja di garda terdepan Covid-19 yang bertugas langsung di ruang Isolasi menghadapi sebuah pilihan antara tetap bekerja menjunjung tinggi profesionalisme atau mementingkan keamanan pribadi dan keluarga.



Hingga hari ini perkembangan dari wabah Covid-19 tiap hari makin bertambah dari jumlah positif hingga jumlah kematiannya, protokol Kesehatan sampai WFH sudah diterapkan oleh pemerintah tapi masih banyak juga masyarakat yang melanggar protokol kesehatan yang mengakibatkan angka yang terjangkit makin bertambah, hingga berdampak juga pada para tenaga Kesehatan dalam garda terdepan melawan wabah Covid-19 ini.

Selama penanganan wabah Covid-19 tersebut, banyak tenaga kesehatan medis telah gugur dalam melaksanakan tugas mereka, termasuk para perawat yang banyak meninggal karena terpapar Covid-19 selama menjalankan tugas mulia mereka. Perawat mendapatkan apresiasi hingga dukungan dari masyarakat karena sampai saat ini masih terus berada di garis terdepan perjuangan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien Covid-19.

Keperawatan merupakan salah satu profesi yang memberikan pelayanan Kesehatan terhadap pasien hingga sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Dalam implementasi tugas dan fungsi sebagai perawat, tentu peningkatan dan pengembangan potensi dalam memberikan pelayanan Kesehatan harus terus dikembangkan karena perubahan situasi dan kondisi masyarakat yang sangat dinamis. Perawat dituntut dalam memberikan pelayanan tentang keadaan individu pasien baik dari segi bio, psiko, sosial dan spiritual.

Keberagaman dalam keperawatan menjadi kontribusi penting dalam pelayanan Kesehatan, karena tanpa keberagaman dalam pelayanan suatu yang dikolaborasi dengan teman sejawat hingga tenaga Kesehatan lainnya dalam pelayanan Kesehatan tidak akan berjalan dengan semestinya, profesionalitas menjadi tuntutan yang harus selalu ditingkatkan. Profesionalitas akan terus tubuh dan berkembang bila seorang perawat mempunyai kemauan untuk mengembangkan berbagai pengetahuan yang berhubungan dengan profesi keperawatan. Profesi keperawatan bersifat multicausal dan multidisiplin.

Perawat harus mampu dalam disiplin ilmu yang dibutuhkan dalam pelayanan Kesehatan.
Dalam pelayanan kesehatan, kontribusi perawat memiliki peran terutama dalam kondisi wabah Covid-19 saat ini, perawat mempunyai beberapa peran, yaitu sebagai caregiver yang merupakan peran utama dimana perawat akan terlibat aktif selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan ditatanan layanan klinis seperti di rumah sakit. Selain itu, perawat juga mempunyai peran sebagai edukator, dimana berperan sebagai tim pendidik yang memberikan edukasi kepada pasien, keluarga dan masyarakat.

Perawat berperan dalam memperkuat pemahaman masyarakat terkait dengan apa dan bagaimana Covid-19, pencegahan dan penularan, serta bagaimana meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tanda dan gejala. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan suasana krisis, sehingga masyarakat menjadi waspada dan menerapkan perilaku pencegahan hidup sehat, dan tidak panik. Selain peran diatas, perawat juga berperan dalam advokat dimana perawat akan membantu mengurangi stigma bagi pasien dan keluarga yang terindikasi covid positif. Secara umum, perawat mempunyai peran yang sangat penting baik dari segi promotif, preventif, dan pelayanan asuhan keperawatan dalam kondisi wabah Covid-19.

Disini tenaga Kesehatan hingga pemerintah selalu menekankan untuk patuhi protokol Kesehatan dari cuci tangan pake sabun di air mengalir, jaga jarak, jauhi kerumunan, pake masker, hingga jangan termakan berita yang belum ada kebenarannya atau hoax. Jika masyarakat mematuhi protokol kesehatan maka penularan Covid-19 akan terputus mata rantainnya.

Sehingga edukasi berupa pembelajaran sangat dibutuhkan oleh masyarakat dari memberikan sosialisasi berupa iklan tv, baliho hingga pamflet dari cara penggunaan masker hingga cara cuci tangan adalah dasar dari pendidikan kesehatan itu menjadi bahan dasar dalam edukasi, jika masyarakan hanya mengharapkan perawatan dari tenaga kesehatan ini akan membuat tenaga kesehatan akan sangat kewalahan hingga banyak tenaga kesehatan akan gugur satu persatu.



Perawat menjadi seperti pemain gelandang dalam sepak bola. Bisa berada di mana saja. Apapun biasa dihadapi oleh perawat, karena tugas perawat adalah merawat dari sakit hingga merawat menjadi sehat. Tuntutan ilmu hingga etika dalam keperawatan sangat dibutuhkan, hingga ketaatan dalam penanganan kesehatan sangat berpengaruh dalam dunia kesehatan, dengan adanya wabah covid-19 ini tuntutan tuntutan itu dibutuhkan untuk kesehatan bersama.

Kita juga mengharapkan agar tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat yang saat ini terlibat aktif dalam penanganan kasus covid-19 dibeberapa rumah sakit di Indonesia tetap terjaga kesehatan dan keselamatan diri. Mari kita saling bekerja sama dan mendukung satu sama lain dalam menghadapi wabah covid-19.


Sumber:

  • https://duta.co/peran-perawat-selama-pandemi-covid-19https://fkep.unand.ac.id/en/informasi-berita/item/371-perawat-garda-terdepan-dalam-penanganan-covid-19-antara-profesionalisme-dan-keselamatan-diri
  • https://www.antaranews.com/berita/1727706/menko-pmk-peran-perawat-sangat-penting-dalam-penanganan-covid-19
  • https://www.kemenkopmk.go.id/perawat-berperan-penting-dalam-pembangunan-kesehatan-masyarakat

2 tanggapan untuk “Implementasi Tindakan Keperawatan Pada Masa Pendemi Covid-19

  • Haloo kkn fatun.
    Selamat anda menang dalam perlombaan ini..
    #doaku. Amin.

  • Nice

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.