Gambar: Wordpress

Kebutuhan dasar manusia adalah hal-hal seperti makanan, air, keamanan dan cinta yang merupakan hal penting untuk bertahan hidup dan kesehatan. Hirarki kebutuhan dasar manusia menurut Maslow adalah sebuah teori yang dapat digunakan perawat untuk memahami hubungan antara kebutuhan dasar manusia pada saat memberikan perawatan. Tingkatan paling dasar dalam hirarki Maslow adalah kebutuhan fisiologis.

Kebutuhan fisiologis memiliki prioritas tertinggi dalam hirarti Maslow. Seorang individu yang memiliki beberapa kebutuhan yang tidak terpenuhi secara umum lebih dulu mencari pemenuhan kebutuhan fisiologis. Manusia memiliki delapan macam kebutuhan fisiologis yakni oksigen, cairan, nutrisi, temperatur, eliminasi, tempat tinggal, istirahat, dan seks.



Oksigen

Oksigen merupakan kebutuhan fisiologis yang paling penting. Tubuh bergantung pada oksigen dari waktu ke waktu untuk bertahan hidup. Oksigen harus secara adekuat diterima dari lingkungan ke dalam paru-paru, pembuluh darah, dan jaringan.

Cairan

Tubuh manusia membutuhkan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran cairan. Cairan dimasukkan melalui mulut, atau secara parenteral, dan cairan meninggal tubuh dari saluran pencernaan, paru-paru, kulit, dan ginjal.

Dehidrasi dan edema mengindikasikan tidak terpenuhinya kebutuhan cairan. Dehidrasi berhubungan dengan demam berlebihan/lama, muntah, diare, trauma atau beberapa kondisi yang menyebabkan kehilangan cairan dengan cepat. Edema berhubungan dengan gangguan elektrolit dan bisa muncul pada gangguan nutrisi, kardiovaskuler, ginjal, kanker, traumatik atau gangguan lain yang menyebabkan akumulasi cairan yang cepat.

Nutrisi

Tubuh manusia memiliki kebutuhan esensial terhadap nutrisi, walaupun tubuh dapat bertahan tanpa makanan lebih lama daripada tanpa cairan. Proses metabolik tubuh mengontrol pencernaan, menyimpan zat makanan, dan mengeluarkan produk sampah. Mencerna dan menyimpan zat makanan adalah hal yang penting dalam memenuhi kebutuhan nutiris.

Temperatur

Tubuh dapat berfungsi secara normal hanya dalam rentang temperatur yang sempit 370C (98,60F) ± 10C. Temperatur tubuh di luar rentang ini dapat menimbulkan kerusakan, efek yang permanen seperti kerusakan otak atau kematian.

Tubuh dapat secara sementara mengatur temperatur melalui mekanisme tertentu. Misalnya seseorang menggigil ketika bergerak dari lingkungan yang hangat kelingkungan yang suhu 130C. Respon adaptif dapat  secara sementara meningkatkan temperatur tubuh.