Kebutuhan Dasar Manusia: Fisiologis

Gambar: Wordpress

Eliminasi

Eliminasi materi sampah merupakan salah satu dari proses metabolik tubuh. Produk sampah dikeluarkan melalui paru-paru, kulit, ginjal dan pencernaan.

Paru-paru secara primer mengeluarkan karbondioksida, sebuah bentuk gas yang dibentuk selama metabolisme pada jaringan. Kulit mengeluarkan air dan natrium yang paling dikenal sebagai keringat. Ginjal merupakan bagian tubuh primer yang utama untuk mengekskresikan kelebihan cairan tubuh, elektrolit, ion-ion hidrogen, dan asam. Usus mengeluarkan produk sampah yang pada dan beberapa cairan dari tubuh.



Tempat Tinggal

Walaupun kebanyakan orang mempunyai beberapa tempat jenis tempat tinggal, namun terkadang tempat tinggal tersebut dibawah dari standar dan tidak memberikan perlindungan kepada anggota keluarga/penghuni.

Tempat tinggal berpengaruh terhadap kondisi kesehatan keluarga/penghuni. Kondisi lingkungan yang kotor sangat disukai oleh serangga, tikus, dan hewan lain sebagai vektor penyakit.

Istirahat

Setiap manusia harus mengambil kesempatan untuk beristirahat. Jumlah kebutuhan istirahat bergantung pada kualitas tidur, status kesehatan, pola aktivitas, gaya hidup dan umur seseorang. Klien yang memiliki penyakit kronis membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama dibandingkan orang yang sehat diusia yang sama. Istirahat dan tidur dapat memberikan perasaan terlepas sementara dari tekanan.

Seks

Seks dianggap Maslow sebagai kebutuhan dasar fisiologis. Kebutuhan seksual dan perilaku bagaimana untuk memenuhinya dipengaruhi oleh umur, latar belakang sosial budaya, etika, nilai, harga diri, dan tingkat kesejahteraan.


Sumber:

  • Potter & Perry, 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik Ed. 4. Jakarta: EGC