Faktor-faktor yang Memengaruhi Nyeri Pada Pasien

Gambar dari jubileemedical.ie

Gustinerz.com | Nyeri adalah pengalaman sensorik atau emosional yang berkaitan dengan kerusakan jaringan actual atau fungsional, dengan onset mendadak atau lambar berinteraksi ringan hingga berat. Nyeri dibagi menjadi nyeri akut (berlangsung kurang dari 3 bulan) dan nyeri kronik (berlangsung lebih dari 3 bulan).

Nyeri timbul karena adanya kemampuan system saraf untuk mengubah berbagai stimulus mekanis, kimia, termal, elektris menjadi potensial aksi yang dijalarkan ke system saraf pusat. Nyeri dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor dibawah ini (Nursalam, 2015).

Arti nyeri terhadap individu

Presepsi adalah interpretasi pengalaman nyeri dimulai saat pertama pasien sadara adanya nyeri. Arti nyeri terhadap individu berbeda bisa dianggap repons positif atau negative.



Toleransi individu terhadap nyeri

Toleransi nyeri adalah toleransi seseorang yang berhubungan dengan intensitas nyeri dimana individu dapat merespons nyeri lebih baik atau sebaliknya.

Ambang nyeri

Ambang nyeri adalah intensitas rangsang terkecil yang akan menimbulkan rangsang nyeri, suatu batas kemampuan seseorang untuk mau beradaptasi serta berespons terhadap nyeri.

halaman berikutnya