Faktor Risiko Terjadinya Dekubitus Pada Pasien di Rumah Sakit

Penurunan sensori presepsi

Pasien yang mengalami penurunan sensori presepsi tidak akan merasakan sensasi nyeri akibat luka tekanan pada tulang yang menonjol, bila ini terjadi lama pasien akan terjadi dekubitus.

Kelembapan

Kelembapan yang disebabkan karena inkontinensia dapat mengakibatkan terjadinya maserasi pada jaringan kulit. Jaringan yang mengalami maserasi akan mudah mengalami erosi. Selain itu kelembapan juga dapat mengakibatkan kulit mudah terkena pergesekan  dan robekan pada jaringan. Inkonstinensia alvi lebih rentang terjadinya dekubitus dibandingkan dengan inkontinensia urin karena bakteri dan enzim pada feses dapat merusak permukaan kulit.

Tenaga yang merobek (shear)

Ini merupakan kekuatan mekanis yang meregakan dan merobek jaringan, pembuluh darah, serta struktur jaringan yang lebih dalam yang berdekatan dengan tulang yang menonjol. Contoh yang paling sering terjadi ketika pasien diberikan posisi semifowler. Pada posisi ini pasien bisa merosot kebawah yang menyebabkan tulang yang menonjol ikut ke bawah sedangkan kulit masih tertinggal. Hal ini dapat mengakibatkan impitan pada pembuluh darah kulitm serta kerusakan pada jaringan bagian dalam seperti otot.

 halaman sebelumnya | halaman berikutnya