Zat Besi Untuk Meredakan PMS

ilustrasi | ©Happyfresh
Tulisan oleh: Dwi Kuat Ariska (Perawat)

Premenstrual syndrome memang sangat tidak nyaman karena dapat mengganggu mood dan juga fisik anda seperti perut menjadi sakit, kembung, dan lain sebagainya. Oleh karena itu saat mendekati waktu menstruasi tiba, wanita sudah mulai khawatir jika mengalami pre menstrual syndrome.

Menurut penelitian terbaru, ada cara yang bisa anda lakukan untuk meringankan ketidaknyamanan saat mengalami premenstrual syndrome (PMS). Cara tersebut yaitu dengan mengonsumsi zat besi. Wanita yang mengonsumsi zat besi dipercaya memiliki kemungkinan kecil atau mengalami penurunan gejala PMS.



Seperti pada penelitian yang dilakukan di University of Massachusets menyatakan bahwa risiko 35 persen lebih rendah mengalami PMS dialami oleh wanita yang mengonsumsi zat besi lebih dari 20 mg per hari, dibandingkan dengan yang mengonsumsi 10 mg per hari. Jika anda ingin memiliki risiko yang lebih rendah, dalam penelitian ini membuktikan konsumsi 50 mg zat besi per hari akan membuat anda memiliki resiko yang lebih rendah mengalami gejala PMS.

Zat besi dapat meredakan gejala PMS karena memiliki kemungkinan menurunkan gejala PMS dengan meningkatkan kadar zat kimia otak atau serotonin. Yang mana serotonin memiliki kaitan yang erat dengan gejala PMS. Zat besi yang efektif anda konsumsi untuk menurunkan gejala PMS menurut studi kesehatan perawat di Amerika adalah zat besi non-heme. Zat besi non-heme adalah zat besi yang ditemukan pada makanan sumber nabati dan juga bisa dari suplemen.

Untuk mendapatkan zat besi non-heme, khususnya sumber nabati. Berikut beberapa saran makanan zat besi non-heme nabati yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian anda:

Bayam

Mengonsumsi bayam akan membantu anda memenuhi kebutuhan tubuh terhadap zat besi. Bayam dapat memenuhi kebutuhan zat besi anda sebanyak 20 persen. Selain kaya dengan zat besi, bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, B9, C, serat dan juga beta karoten.

Kacang merah

Selain mengandung serat, vitamin C dan protein. Kacang merah juga mengandung zat besi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi tubuh anda sebanyak 5,2 mg.

Tomat

Anda juga bisa mendapatkan zat besi non-heme dari tomat. Tomat mengandung 3.39 mg zat besi, vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh anda. Untuk mendapatkan zat besi dari tomat, anda bisa mengolahnya sebagai campuran sup atau dijadikan jus tomat. (DKA)